Rutan Kelas IIA Pekalongan Sulap Limbah Dapur Jadi Posnik Lodji

Kota Pekalongan - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Pekalongan berinovasi menciptakan pupuk kompos organik yang diberi nama "Posnik Lodji". Posnik Lodji diambil dari singkatan Kompos Organik Rutan Lodji yang terbuat dari pemanfaatan limbah organik dapur dan pertanian Rutan setempat yang dicampur dengan cairan mikroorganisme yang dapat mempercepat proses penguraian serta pembusukan sampah organik.

Kepala Sub Seksie Bimbingan Giat (Kasubsie Bimgiat) pada Rutan Kelas IIA Pekalongan, Eko Kurniawan menjelaskan bahwa, Posnik Lodji ini merupakan inovasi dari Rutan Kelas IIA Pekalongan di bidang pertanian dan perkebunan. Ide penciptaan kompos ini berawal dari kendala keterbatasan pupuk tanaman. Dimana, jika mengandalkan bantuan pupuk dari dinas terkait tidak mencukupi, karena hanya diberikan sekali dalam setahun.

"Dari situlah kami punya ide untuk menciptakan pupuk organik sendiri yang dibuat  bersama beberapa warga binaan yang mengikuti bimbingan soft skill bidang pertanian,"ucap Eko.

Eko menjelaskan, Posnik Lodji ini dibuat dari pemanfaatan sisa limbah sayuran dari Dapur Rutan yang dimasukkan dalam beberapa dandang dan dicampur dengan cairan EM4 sebagai pengurai untuk pembentukan mikroorganisme, sehingga dapat mempercepat proses pembuatan pupuk kompos organik tersebut. Pemanfaatan Posnik Lodji sendiri kemudian diaplikasikan ke tanaman-tanaman budidaya di sekitar pekarangan Rutan Kelas IIA Pekalongan atau Rutan Lodji. Selain untuk tanaman, Posnik juga dicampurkan ke tanah pekarangan untuk budidaya cacing tanah putih yang juga dilakukan oleh warga binaan Rutan setempat.

Lanjutnya, untuk budidaya cacing tanah yang semula menggunakan kotak beronjong, kini budidayanya diaplikasikan langsung ke tanah yang disekat. Pihaknya menyebutkan, untuk Posnik Lodji yang diproduksi Rutan Pekalongans setiap harinya sebanyak 2-3 kilogram.

"Posnik kami aduk campur bersama tanahnya untuk mempercepat proses pembesaran cacing tanah yang ada di Rutan. Alhamdulillah,  setelah kami aplikasikan Posnik Lodji ke beberapa tanaman dan sayuran yang ada di pekarangan Rutan Lodji, hasil panennya bisa bagus, tanaman ataupun sayuran bisa tumbuh subur, daunnya lebih hijau, lebih segar,"pungkasnya. (Dian).