Komisi C Usulkan Anggaran Operasional Bagi Komite Sekolah

Kota Pekalongan, Info Publik - Komisi C DPRD Kota Pekalongan, kembali  akan mengusulkan adanya angaran untuk  komite sekolah untuk setiap tahunnya. Hal ini dikatakan Ketua Komisi C Sudjaka Martana, saat menjadi narasumber dalam acara Fokus Group Discussion (FGD) Pemberdayaan Komite Sekolah, Sabtu (3/11) di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan.

Sudjaka Martana  menjelaskan, prinsip komite sekolah memang sukarela, namun kerelawanan komite tidak cukup dan harus didukung dengan anggaran.

" Peran dan fungsi komite sekolah sangat luar biasa dimana masyarakat secara sukarela berkumpul meluangkan waktu demi meningkatkan mutu pendidikan", jelasnya.

Menurut Sudjaka, sebelumnya Ia pernah mengusulkan penganggaran operasional komite sekolah, sebesar satu juta per tahun untuk satu komite, namun belum juga direalisasikan.

"   Mumpung APBD 2019 masih dibahas, saya mohon Dinas Pendidikan masukkan alokasi anggaran tersebut. Saya akan cermati betul penganggaran ini. Kalau mungkin, saya juga usulkan anggarannya sebesar dua juta rupiah per tahun", ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota H.M. Saelany Machfudz mengatakan, sebenarnya dulu alokasi operasional komite sekolah sudah dianggarkan. Namun karena kepengurusan komitenya stagnan dan anggaran tersebut tidak digunakan.

" Ini bukan salah siapa-siapa, juga bukan salah pemerintah. Sudah kami anggarkan. Namun mungkin karena ada masalah organisasi, stagnan kepengurusan atau terkendala badan hukum sehingga sudah dua tahun dana itu tidak diambil ", terang Wali Kota.

Wali Kota Selany mengungkapkan, dalam kepengurusan Dewan Pendidikan yang baru dilantik, diharapkan bisa membuat komite sekolah kembali bersemangat.

" Komite sekolah ini penting, untuk ikut meningkatkan mutu sekolah. Meskipun banyak stigma negatif tentang keberadaan komite sekolah, yang dinilai hanya sebagai tukang stempel kebijakan sekolah, sehingga ini harus terbantahkan. Dengan menghapuskan stigma itu, melaui aksi nyata dari komite", pungkasnya. (Tim Komunikasi Publik Diskominfo Kota Pekalongan)