Dinilai Baik, Kabupaten Banyumas Kaji Tiru Penataan Showroom Dekranasda Pekalongan

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pekalongan menerima kunjungan dari Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Dinnakerkop-UKM) Kabupaten Banyumas dalam rangka pengembangan UMKM di wilayahnya, Senin (23/10/2023).

Bersama dengan Plt Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Pekalongan, Supriono, Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Inggit Soraya menyambut baik kehadiran tamu rombongan Kabupaten Banyumas di aula Kantor PKK setempat, dalam kesempatan tersebut ia mengatakan bahwa keberadaan Dekranasda di sebuah daerah sangatlah penting, menjadi wadah bagi para pelaku UKM dalam mempromosikan dan meningkatkan kiprah UKM tersebut, tak hanya di pangsa lokal namun bisa melebarkan sayap hingga go internasional.

“Kali ini kami menerima tamu dari Kabupaten Banyumas, kehadiran mereka kemari yaitu untuk kaji terap bagaimana penataan showroom Dekranasda Kota Pekalongan yang Alhamdulillah dinilai baik oleh mereka selain itu juga tadi kami sampaikan beberapa produk unggulan dari Dekranasda Kota Pekalongan yang sangat berpotensi meningkatkan perekonomian daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas, Wahyu Dewanto mengatakan bahwa Banyumas telah memiliki galeri UMKM yang bernama “Nawasena Karsa” sebagai sarana promosi dan pemasaran produk-produk UMKM. Menurutnya perlu dilakukan peningkatan pengelolaan dan penataan galeri untuk mengoptimalkan fungsi galeri tersebut. 

“Ketertarikan kami dengan penataan showroom Dekranas yang membuat kabupaten Banyumas berkunjung ke Kota Pekalongan, terima kasih atas penerimaan sangat baik dari Dekranasda Kota Pekalongan, tadi kami sudah mendapatkan literasi pengelolaan UKM dan menurut kami luar biasa bagus. Intinya usai kunjungan ini hal baik yang baik disini akan kami lakukan di galery kami Nawasena Karsa,” jelasnya.

Setelah penerimaan rombongan dan penyampaian paparan di aula PKK, rombongan diajak menilik showroom Dekranasda Kota Pekalongan yang berada di Museum Batik didampingi wakil ketua Dekranasda, Istiqomah.