31 Karya Cipta Selendang Batik Batik NKRI Membuat Walikota dan Juri Lomba Takjub

Kota Pekalongan, Info Publik - Sebanyak 31 Karya cipta selendang Batik NKRI melewati proses penilaian oleh dewan juri lomba yaitu Romi Okta Birawa dan Widya Widiyanti. Yang disaksikan langsung oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz.

 

Walikota Pekalongan dan Tokoh Batik Pekalongan merasa takjub dengan hasil karya peserta lomba Selendang batik NKRI karya puluhan peserta ini yang sempat membuat para dewan juri lomba dan Walikota Pekalongan bingung menentukan siapa yang pantas menjadi pemenang, ragam dan corak serta motif yang dituangkan dalam kain tersebut sangat beragam yang membuktikan bahwa warga Pekalongan benar-benar memiliki jiwa kreativitas yang tinggi.

 

Disampaikan Romi Okta Birawa, Narasi batik yang digambarkan oleh para peserta lomba  sungguh diluar ekspestasi dewan juri, ini semakin membuktikan bahwa sebenarnya masyarakat Pekalongan bisa untuk menjabarkan sebuah hasil karya batik agar dipahami oleh orang lain, dan hal inilah yang akan digalih sebagai edukasi kepada pengrajin batik untuk dapat  mendeskripsikan hasil karyanya tersebut.

 

Lomba cipta selendang batik motif NKRI ini digelar untuk memperingati hari batik nasional yang diperingati tanggal 2 Oktober, oleh Generasi penerus batik Pekalongan. Sedangkan syarat sebagai peserta merupakan masyarakat karesidenan pekalongan.

 

Lomba yang diselenggarakan sejak tanggal 13 september - 28 september 2018 Hasil pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 2 Oktober 2018 di Museum batik Pekalongan.

 

Untuk menyemarakan lomba ini panitia telah menyediakan total hadiah lomba untuk juara satu berupa uang tunai sebesar Rp. 2.000.000 dan sertifikat, juara dua mendapat uang tunai sebesar Rp. 1.000.000 dan sertifikat serta juara tiga mendapat uang tunai sebesar Rp. 750.000 dan sertifikat bukan hanya itu saja karya ketiga pemenang akan menjadi koleksi Museum Batik  Pekalongan. (MC Kota Pekalongan/Achmad Mahmudin/Dimas)