Yuk Ikut Lomba Lari Kota Batik Bergegas Piala Walikota Pekalongan

Kota Pekalongan - Dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-118 Kota Pekalongan yang jatuh pada 1 April 2024 lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Dinparbudpora) setempat mengadakan Lomba Lari Kota Batik Bergegas Piala Walikota Pekalongan Tahun 2024 yang digelar pada Sabtu, 27 April 2024.

Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, Sabaryo Pramono melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Endro Triyatmo menjelaskan, sejatinya lomba lari ini akan dilaksakan pada awal April, namun karena pada saat itu masih dalam Bulan Puasa Ramadhan, maka pelaksanaan tersebut digeser setelah lebaran Idul Fitri yakni berlangsung pada Sabtu, 27 April 2024. Endro menerangkan, adapun titik start dan finish lomba lari ini mengambil titik di Museum Batik mulai pukul 06.30 WIB.

" Lomba lari ini bisa  diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah (OPD), instansi, dan warga umum Kota Pekalongan untuk lari 10 km. Sementara, untuk pelajar SMP dan SMA mengikuti lomba lari sejauh 7 km. Sedangkan, bagi siswa SD bisa mengikuti lomba lari sepanjang 5 km,"ucapnya.

Endro menambahkan, tujuan dari diadakan lomba ini adalah meningkatkan kebugaran masyarakat, dan tolak ukur catatan kemampuan prestasi bagi atlet lari. Dalam lomba tersebut, panitia menyediakan total hadiah Rp 50 juta bagi juara 1, 2 dan 3 masing-masing kategori dan urutan ke-4 hingga ke-9. Selain uang pembinaan juga akan diberikan piagam dan trophy. Lanjutnya, pendaftaran lomba dibuka mulai 22 Maret - 26 April 2024 dengan biaya pendaftaran Rp 100.000 untuk umum dan Rp 25.000 untuk pelajar yang sudah termasuk jersey dan air mineral.

"Rute start dan finish di depan Museum Batik Pekalongan, kemudian ke arah utara sampai TWL Pantai Pasir Kencana, belok kiri ke Jalan Kusuma Bangsa hingga kembali lagi ke Museum Batik. Sementara, untuk kategori pelajar, rutenya lebih pendek lagi tidak sampai ke TWL tapi belok ke Jalan Selat Selayar. Kami menargetkan jumlah peserta yang mengikuti bisa 3000 sampai dengan 4000 orang, harapannya bisa lebih dari jumlah tersebut agar bisa lebih semarak,"pungkasnya. (Dian).