Wirausaha Pemula Harus Tangguh

Salah satu kunci kesuksesan dalam berwirausaha adalah tekun, merintis usaha bukanlah hal yang mudah, sehingga usaha harus ditekuni. Selain tekun wirausaha harus memiliki tekad yang besar untuk menjalankan usahanya, mereka juga harus mempelajari hal baru dan membangun jaringan bisnis. Hal itulah yang ditekankan oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dindagkop-UKM).

Plt Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Supriono melalui kepala bidang koperasi dan UMKM, Nugroho Hepi Kuncoro menjelaskan bahwa pihaknya terus menggenjot tumbuhnya UMKM baru di kota Pekalongan untuk meningkatkan perekonomian setempat. Selain mendorong pertumbuhan UMKM, Dindagkop-UKM juga membersamai perkembangan wirausaha pemula dengan memberikan pelatihan kewirausahaan. Dikatakan Hepi, wirausaha pemula harus diberikan motivasi agar mereka tidak gampang menyerah, tangguh dan mampu berinovasi sehingga menjadi wirausaha profesional.

“Kami ingin mendorong agar pelaku wirausaha baik yang bergerak di bidang kuliner, batik dan craft menjadi profesional sehingga dampak positif bisa muncul dari pertumbuhan UMKM seperti bertambahnya lapangan kerja, menyerap tenaga kerja, mengurangi pengangguran,” terangnya pada kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula di hotel Santika Kota Pekalongan, Rabu (22/11/2023).

Lebih lanjut, Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Inggit Soraya yang hadir sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut turut memberikan motivasi bagaimana menjadi wirausaha yang baik harus memiliki kemauan yang besar, tekad, percaya diri dalam memulai dunia usaha. 

“Berdasarkan pengalaman pribadi yang mana saya sempat menjadi pelaku usaha di dunia craft dan fashion, pengusaha harus berpandangan ke depan, harus punya target dan sukses, kita juga harus tahu skill dan peluang yang ada,” pungkasnya.