Wawalkot Salahudin Pastikan Pembangunan Perpustakaan Sesuai

Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Pekalongan berupaya mendorong peningkatan indeks minat baca masyarakat, salah satunya dengan membangun perpustakaan yang memadahi. Pembangunan perpustakan Kota Pekalongan ditargetkan rampung pada Desember 2023 ini, dan saat ini progresnya 90%.

Wakil Wali Kota Pekalongan, Salahudin didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus), Soeroso dan Kepala Bagian PBJ dan Minbang, Slamet Mulyadi memonitoring pekerjaan Perpustakaan Kota Pekalongan, Selasa (12/12/2023). Wawalkot Salahudin ingin memastikan hasil pekerjaan perpustakaan sesuai dengan target waktu, kualitas, serta harapan masyarakat. 

Dari tinjauan hari ini Salahudin menilai hasil pekerjaan cukup bagus namun ada catatan untuk pelaksana yakni kaitannya dengan pengaturan kerja. "Jenis pekerjaan dan timing harus diatur dalam pelaksanaannya, jangan sampai pekerjaan yang dilakukan berpotensi merusak pekerjaan yang sudah dilaksanakan sebelumnya, jadi kerjakan secara urut. Misalnya bagian atap ini, mestinya ini diselesaikan dulu, kalau hujan akan dipenuhi dengan air, mestinya dikerjakan dulu," ujar Salahudin sambil menunjuk atap. 

Sementara itu, Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, Soeroso menjelaskan bahwa pembangunan perpustakaan ini dengan anggaran Rp10 milyar yang ditargetkan selesai 2 minggu lagi, saat ini progresnya sudah 90%. "Gedung tiga lantai dengan luas bangunan 2.400 m² ini akan digunakan untuk full layanan perpustakaan, nantinya akan ada ruangan audio visual, ruang baca yang nyaman, ruang rapat, ruang layanan pemustaka, dan sebagainya," jelas Roso. 

Roso berharap adanya perpustakaan baru ini dapat meningkatkan indek minat baca, indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) karena berkaitan dengan infrastruktur. "Semoga masyarakat Kota Pekalongan semakin tinggi pangkal literasinya dengan adanya perpustakaan yang sangat memadahi ini," tutup Roso.