Walikota Aaf Shalat Idul Adha di Lapangan Mataram Bersama Ribuan Masyarakat

Ribuan masyarakat muslim Kota Pekalongan mengikuti sholat Idul Adha 1444 H/2023 Masehi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan, berlangsung di Pendopo Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Kamis pagi (19/6/2023). Bertindak sebagai imam, Muh. Hanapi dari Rumah Tahfidz Al-Quran Bahter Assalam dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan, Kasiman Mahmud Desky sebagai khotib.

Sholat Idul Adha tersebut, tampak dihadiri pula oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya, Ketua DPRD Kota Pekalongan, M. Azmi Basyir, jajaran Forkompinda Kota Pekalongan, Kepala OPD, serta masyarakat.

Walikota Pekalongan yang akrab disapa Mas Aaf tersebut mengaku bersyukur bahwa, pelaksanaan momentum Idul Adha tahun 2023 ini berjalan lancar, khitmat, dan terasa istimewa dibanding tahun sebelumnya. Sebab, semua dilakukan tanpa adanya pembatasan. Sehingga, aktivitas di masyarakat pun sudah kembali berjalan normal, termasuk penyembelihan hewan qurban.

"Bahkan Saya melihat semangat warga Kota Pekalongan untuk berqurban di masjid dan mushola juga mengalami peningkatan," ucapnya.

Mas Aaf berharap,  proses penyembelihan dan distribusi daging qurban di masyarakat pun berjalan tertib dan lancar. Lebih lanjut, ia juga turut mendoakan agar umat muslim Indonesia, khususnya warga Kota Pekalongan yang tengah menjalankan ibadah haji di Makkah semuanya dapat diberikan kelancaran dan kesehatan, serta keselamatan hingga nantinya pulang ke tanah air.

"Penyembelihan hewan qurban di Masjid Al-Amin yang berada di Kompleks Pemkot Pekalongan InshaAllah dilaksanakan besok pagi, 30 Juni 2023 pukul 07.00 pagi, sebagian hewan qurban dari Pemkot juga kami distribusikan ke masjid dan mushola yang berada di wilayah terdampak banjir dan rob maupun bermitra dengan Pemkot untuk selanjutnya nanti dibagikan ke masyarakat yang berhak menerimanya," tandasnya.