Walikota Aaf Resmikan 5 Unit MCK Program CSR RS Hermina

Kota Pekalongan - Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid meresmikan 5 unit Mandi, Cuci, Kakus (MCK) umum yang berada di Kelurahan Sapuro Kebulen RT 02 RW 07, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Selasa siang (14/5/2024). Pembangunan MCK ini merupakan fasilitasi program kepedulian Corporate Social Responsibility (CSR) Hermina Group dibawah naungan Yayasan Bhakti Hermina kepada masyarakat.

Walikota Aaf, sapaan akrab Walikota Pekalongan tersebut mengaku bersyukur dan apresiasi atas telah rampungnya pembangunan MCK umum yang difasilitasi oleh Rumah Sakit Hermina, mengingat MCK ini sangat dibutuhkan warga.

"Memang sebelumnya sudah ada, tetapi karena sudah berpuluh-puluh tahun, kondisinya sudah rusak dan tidak berfungsi dengan baik,"ucapnya.

Mas Aaf menyebutkan, ada 5 unit MCK umum yang dibangun dan sudah bisa dimanfaatkan oleh warga setempat selaku penerima manfaat 

"Warga juga sangat antusias dan senang atas fasilitasi MCK ini. Kami berpesan, usai MCK ini dibangun, warga diminta bisa bersama-sama saling menjaga dan merawat keberlangsungan MCK ini. Sarpras ini menjadi aset istimewa yang tidak semua warga mendapatkan fasilitasi ini. Semoga MCK ini bisa bermanfaat untuk warga yang menerima,"tuturnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto menyambut baik adanya pembangunan MCK umum yang difasilitasi program CSR Hermina Group ini. 

"Setelah dinyatakan ODF, semua warga diharapkan memiliki akses untuk tidak buang air sembarangan dan memanfaatkan MCK umum. Jadi, kalau memang ada peluang-peluang yang membuat masyarakat itu bisa  mendapatkan akses  yang lebih baik maka hal itu harus dilakukan. Salah satunya dengan pembangunan MCK umum dari program CSR Hermina Group untuk membantu menyediakan MCK yang lebih layak dari sebelumnya kepada warga,"imbuhnya.

Sementara itu, Dirut RS Hermina Pekalongan, drg Retno Windanarti menyampaikan pembangunan MCK ini merupakan program CSR yang dikelola oleh Yayasan Bhakti Hermina dengan sumber dananya dari 45 rumah sakit di lingkungan Hermina Group. Pihaknya bersyukur, anggaran CSR tersebut bisa diberikan kepada masyarakat Kota Pekalongan.

"Kami akan upayakan lagi agar bisa disalurkan program CSR untuk Kota Pekalongan di wilayah kelurahan-kelurahan lain. Hal ini sebagai tanda  terimakasih atas kepercayaan masyarakat Kota Pekalongan dengan keberadaan Rumah Sakit  Hermina di Kota Pekalongan,"ujarnya.

Pihaknya berharap, program CSR ini bisa bermanfaat untuk mendukung program-program pembangunan terutama di sektor kesehatan yang ada di Kota Pekalongan. Pemilihan lokasi pembangunan MCK ini karena lokasi wilayah Sapuro Kebulen berada di sekitar area  Rumah Sakit Kota Pekalongan dan memang dibutuhkan warga sekitar.

"Kami sebelumnya sudah koordinasi dan mengkaji bersama Dinas Kesehatan setempat terkait lokasi mana yang memang disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang membutuhkan dan tentu dengan status tanah yang jelas (tanah wakaf). Alhamdulillah masyarakat penerima juga sangat antusias menerimanya,"tandasnya. (Dian).