UPTD BLK Buka Pendaftaran Angkatan Kerja I

Kota Pekalongan – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan membuka pendaftaran calon peserta Pelatihan Angkatan I Tahun 2021 mulai tanggal 18 Januari-17 Februari 2021.

Kepala UPTD BLK Kota Pekalongan, Sunarto Hadi menyampaikan bahwa ada enam jenis pelatihan yang dibuka diantaranya Teknisi instalasi listrik “Smart Home”, Desain grafis muda, Menjahit pakaian, Service sepeda motor injeksi, Administrasi perkantoran, dan Pemeliharaan kendaraan ringan.

Adapun alur pendaftaran, dijelaskan Sunarto peserta melakukan pendaftaran melalui website pelatihan.kemnaker.go.id, selanjutnya membuat akun dengan melengkapi data-data seperti NIK e-KTP, alamat email, nama bapak/ibu, dan nomor HP. Kemudian lengkapi data pribadi, pilih lembaga pelatihan dan program pelatihan, lalu cetak kartu pendaftaran. Lebih lanjut, Peserta dapat mengunduh panduan pembuatan akun kemnaker melalui link bit.ly/panduan_akun_kemnaker.

“Jika sudah terisi lengkap berkas yang sudah dicetak dikumpulkan ke Kantor BLK Kota Pekalongan,” ungkap Sunarto saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/1/2021).

Ia menambahkan, berkas syarat pendaftaran yang dikumpulkan meliputi bukti pendaftaran online, fotocopy ijazah terakhir, fotocopy KTP dan KK, pas foto formal background merah, dan stopmap.

Seleksi tes akan dilakukan pada 18 Februari 2021. Peserta yang dinyatakan lolos tes tertulis dan wawancara diwajibkan menyertakan hasil rapid test dan surat keterangan sehat.

“Pelatihan Angkatan I akan dimulai pada 1 Maret. Pelaksanaannya dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat, seperti wajib memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” kata Sunarto.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)