Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Wawalkot Ajak Maknai Perjuangan

Kota Pekalongan - Upacara penurunan bendera merah putih memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia terlaksana di Halaman Setda Kota Pekalongan, Selasa sore (17/8/2021).

Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin STP bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara penurunan bendera merah putih juga dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat, jumlah peserta yang ikut tak lebih dari 40 peserta perwakilan dari ASN, TNI, Polri, dan instansi terkait.

Menurut Wawalkot Salahudin, penurunan bendera merah putih haruslah dilakukan dengan seremonial dan upacara resmi, serta dengan penghormatan sebagai bentuk penghargaan kepada para pejuang terdahulu. "Dulu butuh perjuangan agar bisa mengibarkan sang merah putih. Upacara pengibaran dimaknai dengan perjuangan tentu upacara penurunannya juga dimaknai dengan perjuangan," tutur Salahudin.

Dikatakan Salahudin bahwa dalam merah putih terlihat perjuangan nyawa-nyawa para pejuang kemerdekaan. "Saya harap masyarakat di Kota Pekalongan ketika mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih harus berhati-hati agar tak jatuh," tandas Salahudin.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)