Upacara HUT RI Digelar Sederhana, Semangat Pantang Mengeluh di Tengah Pandemi Digelorakkan

Kota Pekalongan - Peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 Tahun tepatnya tanggal 17 Agustus 2020 digelar setiap daerah dengan cara yang berbeda pula, seperti halnya di Kota Pekalongan menggelar Upacara Peringatan HUT RI ke-75 secara sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, rutin cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan menerapkan physical distancing (jaga jarak aman).

Dalam kesempatan tersebut Walikota Pekalongan,HM Saelany Machfudz,SE selaku inspektur upacara membacakan Sambutan Gubernur Jawa Tengah,Ganjar Pranowo, yang didalam sambutannya berbagi kisah mengenai perjuangan seseorang bernama Mbah Padmo Darsono, yang sangat inspiratif dalam menjalani kehidupannya di tengah keterbatasan.

"Dalam sambutannya Gubernur Ganjar yang saat itu berkunjung ke kediaman Mbah Padmo berusia 70 tahun yang tinggal di Dusun Girpasang Kemalang di Kabupaten Klaten, sebuah dusun terpencil di lereng Gunung Merapi. Untuk mencapai dusun ini pun harus berjalan kaki naik turun bukit, menapaki seribu lebih anak tangga. Namun, Mbah Padmo begitu semangat menjalani kehidupan, tidak mengeluh dan selalu bersyukur di lereng gunung," tutur Saelany saat membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah,Ganjar Pranowo dalam Peringatan HUT RI ke-75, bertempat di Halaman Setda Kota Pekalongan, Senin (17/8/2020).

Disampaikan Saelany, di usia negara Indonesia ke-75 tahun ini spirit jangan mengeluh harus senantiasa ditanamkan di setiap dada masyarakat, meski seberat apapun kehidupan yang dihadapi termasuk dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Dari keteguhan tekad dan spirit Mbah Padmo, bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

" Kondisi ini tentunya juga bisa kita simak lewat heroisme perjuangan para pahlawan kita baik sebelum maupun sesudah kemerdekaan. Saat itu, persenjataan juga masih sangat sederhana dan terbatas. Namun, tekat bulat terbebas dari penjajahan dan mempertahankan kemerdekaan sangat kuat. Spirit itulah yang harus tetap dipertahankan untuk menghadapi tantangan ke depan," tegas Saelany.

Upacara Peringatan HUT RI ke-75 tersebut juga diikuti oleh Wakil Walikota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid,SE, Sekretaris Daerah Kota Pekalongan,Hj Sri Ruminingsih,SE, para Asisten Setda Kota Pekalongan,Ketua DPRD Kota Pekalongan,Hj Balgies Diab,SAg,MM, Dandim 0710/Pekalongan,Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan,SIP,Kapolresta Pekalongan,AKBP Egy Andrian Suez,SH,SIK,MH, Kajari Kota Pekalongan, Zainul Arifin,SH,MH, dan jajaran Forkopimda lainnya, TNI/POLRI dan perwakilan ASN di lingkup Pemerintah Kota Pekalongan. Sementara ASN lain dan masyarakat lain mengikuti Upacara Kemerdekaan RI dan Detik-Detik Proklamasi secara virtual dari rumah maupun kantor masing-masing.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)