Tutup Operasional Saat Banjir Rob, TWL Lakukan Pembenahan

Kota Pekalongan - Bencana banjir rob yang melanda Kota Pekalongan berimbas pada operasional obyek wisata di wilayah Kota Batik tersebut, salah satu di Taman Wisata Laut (TWL) Pasir Kencana Pekalongan. 

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan, Sutarno menjelaskan bahwa, untuk kondisi di area TWL Pasir Kencana memang masih aman, namun untuk akses jalan menuju ke obyek wisata terdampak banjir rob, sehingga menyulitkan masyarakat yang akan berkunjung kesana.

"Kondisi area TWL pada dasarnya memang masih aman karena pada saat pembangunan kemarin sudah ada peninggian hampir 1 meter dari eksisting. Namun, untuk akses jalan kesana memang yang susah. Sehingga, kami minta kepada TWL untuk tutup sementara pada Hari Senin-Selasa kemarin," tuturnya saat ditemui dalam acara Diskusi Kelompok Terpumpun Sinkronisasi Regulasi Pusat dan Daerah Bidang Pariwisata dan Kreatif dari Kemenparekraf RI, bertempat di Hotel Santika Pekalongan, Senin (30/5/2022).

Menurutnya, penutupan operasional TWL pada kejadian banjir rob selama 2 hari itu, akhirnya dimanfaatkan untuk upaya pembenahan dan pembersihan di area obyek wisata tersebut.

"Selama libur operasional tersebut memang tidak ada pendapatan dan kami gunakan hari libur itu untuk pembenahan dan kebersihan. Kami bersyukur, pasca pandemi ini pariwisata di Kota Pekalongan mulai bergeliat, sehingga jika nanti banjir rob sudah surut, kami akan mengoptimalkan perbaikan dan pelengkapan wahana-wahana yang ada di TWL ini seperti bebek-bebekan, menara juga sudah difungsikan lagi namun pengunjung diberlakukan secara bergantian untuk naik ke atas sana, skuter, dan spot-spot selfie. Selain itu, di area TWL kami isi juga penampilan hiburan musik dan sebagainya untuk menarik para wisatawan," pungkasnya.


(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)