TP PKK Tekankan Pentingnya Pola Asuh Anak

Kota Pekalongan - Dalam rangka melaksanakan program kerja Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pekalongan sekaligus memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tahun 2020 digelar lomba bermain simulasi pola asuh anak dan remaja untuk delapan kelurahan binaan se-Kota Pekalongan di Aula Gedung PKK Jalan Bahagia Kota Pekalongan, Senin (12/10/2020).

Delapan kelurahan binaan tersebut antara lain Kelurahan Tirto, Pringrejo, Klego, Poncol, Sokoduwet, Buaran Kradenan, Padukuhan Kraton, dan Bandengan. Hal ini disampaikan Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Hj Khusnul Khotimah melalui sambutan yang dibacakan Sekretaris TP PKK Kota Pekalongan, Sri Wahyuni SH. “Anak merupakan harapan masa depan oleh sebab itu anak perlu dipersiapkan sejak dini agar kelak memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, kreatif, tangguh, bermoral, dan berguna bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa,” ungkap Yuni.

Menurut Yuni, orang tua mempunyai peran penting, sebab perilaku orang tua sangat berpengaruh dan mempengaruhi pembawaan anak baik rohani maupun pertumbuhan jasmaninya. “Selama ini pengasuhan anak dilakukan secara turun temurun. Pada masa sekarang, cara-cara tersebut tidak lagi memadai karena anak menghadapi berbagai masalah akibat beragamnya masyarakat,” terang Yuni.

Dengan tingkat perkembangan masyarakat dan teknologi serta banyaknya fenomena, ditekankan Yuni bahwa orang tua perlu mengetahui prinsip dasar dalam pengasuhan anak sesuai dengan kebutuhan anak pada umur tertentu sesuai usia dan perkembangan jiwa anak.

“Lomba ini menjadi upaya TP PKK Kota Pekalongan untuk memberikan bekal pengetahuan bagi kader-kader PKK dan para orang tua khususnya dalam mengembangkan pola asuh anak-anak dan remaja di lingkungannya masing-masing,” pungkas Yuni.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)