Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Pemkot Resmikan Gedung Baru Labkesda

Dalam rangka melaksanakan transformasi layanan primer dan sistem ketahan kesehatan, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) meresmikan gedung baru Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Pekalongan yang berada di jalan Pembangunan No. 2 setempat, Kamis (21/12/2023). Peresmian gedung tersebut ditandai dengan pemotongan untaian bunga oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid didampingi kepala Dinkes, Slamet Budiyanto, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Soesilo, Komisi C DPRD Kota Pekalongan, Mofid, perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Pekalongan serta tamu undangan lainnya. 

Walikota Pekalongan yang akrab disapa Mas Aaf mengucapkan rasa syukur atas berdirinya gedung baru Labkesda Kota Pekalongan yang lebih representatif. Gedung baru tersebut kondisinya sangat berbeda dengan sebelumnya yang berada di kompleks puskesmas Bendan, “Sangat representatif menunjang visi misi saya untuk memberikan pelayanan di bidang kesehatan bisa berjalan, ini menjadi bentuk dukungan Pemerintah di bidang sektor kesehatan,” tandasnya.

Disampaikan Mas Aaf gedung baru Labkesda masih harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap selain itu ia menilai juga dibutuhkan penambahan Sumber Daya Manusia (SDM), “Dengan gedung yang lebih baik ini selain sarana dan prasarana SDM juga harus mendukung, supaya kegunaan Labkesda ini lebih optimal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Slamet menuturkan bahwa pembangunan Labkesda ini berangkat dari pandemi Covid-19 betapa pentingnya kesiapan penetapan diagnosa sehingga sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan RI setiap daerah baik kabupaten maupun kota harus mempunyai Laboratorium Kesehatan yang memadai, “Labkesda menjadi kebutuhan bagi daerah untuk mendukung pelayanan kesehatan di dalam menunjang pelayanan kesehatan, selama ini dilakukan oleh teman-teman di layanan primer maupun rujukan, di kota Pekalongan belum mempunyai laboratorium berstandar kita mengajukan ke pusat dan alhamdulilah disetujui dibangun gedung labkesda baru dari dana DAK non fisik tahun 2023,” bebernya.

Dijelaskan Slamet pada Labkesda saat ini hanya menangani laboratorium kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan seperti pemeriksaan makanan, minuman, air dan lainnya kaitannya dengan lingkungan.

Sedangkan di gedung Labkesda yang baru akan melayani pelayanan klinis dengan standar Biosafety Level 2 (BSL2) digunakan pemeriksaan terkait penyakit infeksius, “Setelah diresmikan, kami akan melaksanakan pemindahan operasional, sebelumnya harus kita lengkapi sarprasnya dahulu kita saat ini kami sedang menyelesaikan IPAL, mudah-mudahan awal tahun 2024 mulai bisa beroperasi,” tukasnya.

Ia berharap Labkesda kota Pekalongan dapat menjadi laboratorium kesehatan efektif, efisien, terpadu, berkesinambungan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.