Tingkatkan Kualitas Pelatih, Asosiasi PSSI Pekalongan Gelar Lisensi Kepelatihan Fisik Nasional

Sebagai upaya meningkatkan kualitas pelatih, Asosiasi PSSI Kota Pekalongan menggelar Lisensi Kepelatihan Fisik Nasional yang diselenggarakan di Aula PKK Kota Pekalongan, Jumat siang (21/6/2019).

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekalongan, Muhammad C Maretan, mengungkapkan, pelatihan terhadap para pelatih sangat penting. Sebab, untuk bisa melaksanakan proses latihan yang baik, pelatih harus memahami ilmu kepelatihan olahraga. “Pelatih yang profesional dalam melaksanakan proses pelatihan akan menghasilkan atlet yang berprestasi,” terangnya.

Sementara itu, ketua panitia, Zaenal Abidin menuturkan kegiatan yang digelar dari tanggal 21-24 Juni 2019 ini pertama kali dilaksanakan di Kota Pekalongan.

Zaenal menerangkan pelatihan itu sebagai upaya meningkatkan kualitas pelatih. Pasalnya pelatih fisik ini memiliki peran yang sangat penting, khususnya dalam meningkatkan kebugaran dan ketahanan fisik para atlet.

"Kegiatan pelatihan fisik ini untuk semua cabang olahraga (cabor), tidak hanya sepak bola, namun ada juga renang, bulu tangkis, taekwondo, dan olahraga lainnya. Melalui kegiatan ini, para pelatih dapat melatih para atletnya agar fisik mereka lebih maksimal dalam berolahraga," papar Zaenal.

Disampaikan Zaenal, selain mengundang para pelatih cabor juga diundang para atlet di Kota Pekalongan. Di Kota Pekalongan sendiri tercatat sebanyak 30 peserta yang masuk ke dalam sekolah pelatih.

"Seluruh cabor akan membutuhkan pelatih fisik dan inilah sekolah pelatih fisik. Yang terdaftar ada 30 peserta dan di daerah lain juga mengadakan serupa yang tersebar di seluruh Jawa. Sedangkan atletnya dari Sekolah Sepak Bola (SSB), anak-anak, usia produktif, SMA/SMK, mahasiswa tergantung klub mereka bernaung," jelas Zaenal.

Zaenal berharap pelatihan ini mampu mendongkrak prestasi olahraga atlet di Kota Pekalongan ke depannya.

"Kami berharap para pelatih tersebut bisa menularkan ilmunya di setiap cabor masing-masing dan para atlet Kota Pekalongan bisa berprestasi baik di kompetensi olahraga nasional maupun internasional," pungkasnya.