Tingkatkan Kesejahteraan, Pemkot Salurkan Sejumlah Bantuan ke Nelayan Hingga Pembudidaya Ikan

Pemerintah Kota Pekalongan menerima ribuan bantuan alat penangkapan ikan jenis bubu rajungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Bantuan tersebut untuk disalurkan kepada 3 Kelompok Usaha Bersama  (KUB ) nelayan Lumba-Lumba, KUB Kawang, dan KUB Guna Bahari dengan total penerima 27 orang nelayan. Penyaluran bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pekalongan, Sugiyo kepada perwakilan nelayan, berlangsung di Gedung Technopark Pekalongan, Rabu (7/12/2022).

Adapun rincian bantuan alat penangkapan ikan ini yakni untuk KUB Lumba-Lumba sebanyak 750 unit senilai Rp 23.054.967 untuk 10 orang,
KUB Kawang sebanyak 525 unit senilai Rp 16.138.477 untuk 7 orang, dan KUB Guna Bahari sebanyak 750 unit senilai Rp 23.054.967 untuk 10 orang. Sehingga, total sebanyak 2025 unit bubu rajungan.

"Penerima adalah nelayan yang menggunakan alat penangkapan ikan Gillnet/ nelayan pengguna alat tangkap, ramah lingkungan lainnya namun sudah mulai menggunakan alat tangkap gillnet," ucap Aaf.

Disamping itu, lanjut Aaf, Pemerintah Kota Pekalongan juga menyerahkan bantuan Bantuan Premi Asuransi Nelayan dari Pemerintah Prov Jateng yang diberikan kepada 240 nelayan kecil, dan bantuan uang tunai sebesar Rp 150.000,00 diberikan kepada 140 nelayan dan 94 pembudidaya ikan. Dengan bantuan-bantuan tersebut diharapkan bisa berimbas positif pada peningkatan hasil tangkapan dan pendapatan para nelayan dan pembudidaya ikan di Kota Pekalongan.

"Mudah-mudahan semua bantuan ini pemanfaatannya bisa dimaksimalkan bagi KUB sebagai penerima, yang tentunya diharapkan berimbas positif ke pendapatan dan jaminan ketenangan hidup mereka. Sebab, bantuan asuransi untuk nelayan ini sudah bisa diberikan pada tahun ini, mudah-mudahan secara bertahap bisa mengakomodir semua nelayan yang ada di Kota Pekalongan," tukasnya.