Tingkatkan Kemantapan Ruas Jalan, DPUPR Targetkan 14 Jalan Selesai Rekonstruksi 2024

Sebagai upaya untuk meningkatkan kemantapan kondisi ruas jalan, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) pada tahun 2024 akan menargetkan pelaksanaan rekonstruksi atau peningkatan di 14 ruas jalan. Hal ini disampaikan oleh Kepala DPUPR Kota Pekalongan, Bambang Sugiarto melalui Kepala Bidang Bina Marga, Cahyono Adi Bawono.
 
Ia menyebutkan bahwa dalam pengerjaan rekonstruksi jalan tersebut pihaknya menyiapkan anggaran dari APBD Pemerintah Kota Pekalongan sebesar Rp 9,3 miliar untuk peningkatan jalan. Terkait untuk titik lokasi rekonstruksi jalan antara lain jalan Binagriya Raya, jalan Selat Karimata, jalan KH. Sabrawi, jalan Parkit, jalan Truntum, jalan Otto Iskandardinata, jalan Samudra, jalan Randu Jajar dan jalan Labuan III.
 
“Selain bersumber dari dana APBD, ada pengerjaan dari anggaran Bankeu Provinsi Jawa Tengah yakni 10 miliar untuk peningkatan jalan Boyongsari, jalan Jlamprang, jalan Pantai Sari, jalan H. Achmad Djunaid dan jalan Ir. Sutami. Untuk peningkatan kebanyakan pengecoran,” terangnya.
 
Cahyono menambahkan selain perbaikan jalan, juga akan dilakukan pula perbaikan pada saluran air seperti di jalan Urip Sumoharjo dan Pantai sari. 
 
Dijelaskan Cahyono, ia menjelaskan kondisi jalan yang akan dilakukan peningkatan diantaranya rawan rob dan rusak berat. Lebih lanjut, ia menyampaikan setiap tahun peningkatan infrastruktur jalan terus dilaksanakan, namun demikian belum mampu mencakup secara keseluruhan dalam setahun, sehingga pengerjaanya dilakukan secara bertahap dengan menetapkan skala prioritas melihat kondisi di lapangan.
 
“Harapan kami, upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota Pekalongan dapat menambah kemantapan jalan meningkat dari sebelumnya dan bisa menambah kenyamanan bagi pengguna jalan dan warga sekitar,” pungkasnya.
 
(DINKOMINFO KOTA PEKALONGAN)