Tingkatkan Kebugaran, Ratusan Personel Satpol P3KP Lakukan Binsik

Guna meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani,  Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol P3KP)   Kota Pekalongan melakukan pembinaan fisik (binsik) untuk ratusan personel anggota Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) nya. Pembinaan fisik tersebut dipimpin langsung Kasatpol P3KP Kota Pekalongan, Sriyana yang juga turut andil mengikuti binsik tersebut.

Kasatpol P3KP Kota Pekalongan, Sriyana mengungkapkan bahwa, kegiatan kesamaptaan jasmani tersebut digelar dua hari, dimana hari pertama telah dilaksanakan pada Selasa (7/2/2023) dan dilanjutkan kloter kedua pada Kamis (9/2/2023).

"Kegiatan ini digelar dua hari, dimana hari pertama, Selasa, 7 Februari diikuti oleh 75 orang dan hari kedua, yakni hari ini, 9 Februari 2023 diikuti oleh 65 orang," ucap Sriyana di sela-sela kegiatan binsik para anggotanya, berlangsung di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Kamis (9/2/2023).

Menurutnya, kegiatan binsik ini dimaksudkan untuk mengukur kekuatan stamina dan menjaga kebugaran tubuh, serta mengetahui kondisi fisik dari semua anggota Satpol P3KP Kota Pekalongan agar tetap prima dan selalu siap dalam menjalankan tugas dalam kondisi apapun. Sriyana menjelaskan, binsik ini terbagi dalam dua kegiatan yakni kesamaptaan A yaitu lari selama 12 menit, dan kesamaptaan B meliputi pull up, sit up, push up, dan shuttle run.

"Kami bekerjasama dengan anggota Kodim 0710/Pekalongan untuk melakukan pembinaan fisik kepada para anggota kami. Sebetulnya, kegiatan binsik ini usai pandemi Covid-19 mereda merupakan pertama kali diadakan kembali," terangnya.

Pihaknya merencanakan akan melakukan kegiatan binsik serupa kepada jajaran personelnya minimal setahun sekali hingga dua kali. Dari hasil binsik ini nanti akan direkap sehingga bisa mendapatkan gambaran kondisi umum mengenai kondisi kesehatan fisik para personel Satpol P3KP Kota Pekalongan.

"Dari apa yang direkomendasikan dari pelatih anggota Kodim 0710/Pekalongan bisa kami tindaklanjuti dengan kegiatan di Satpol P3KP. Pembinaan fisik ini sangat penting untuk menjaga kebugaran semua anggota, dan semoga nantinya kegiatan serupa juga bisa ditindaklanjuti kepada para pegawai di jajaran OPD lainnya," tandasnya.