Tingkatkan Imun Tubuh Dengan Berjemur Selama 15 Menit

Kota Pekalongan - Memperkuat sistem imun atau daya tahan tubuh menjadi salah satu cara mencegah terjangkit virus Covid-19. Selain menjaga pola makan dan hidup bersih, yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Seperti yang dilakukan oleh seluruh pegawai Kecamatan Pekalongan Barat. 

Camat Pekalongan Barat, M Taufiqu Rochman SSTP menuturkan bahwa melihat tingginya kasus Covid-19 di Kota Pekalongan, pihaknya berinisiatif untuk melakukan kegiatan berjemur di bawah sinar matahari yang dilakukan sekitar pukul 09.00 - 09.15 wib. "Ini merupakan inisiasi dari seluruh pegawai Kecamatan yang dipimpin oleh Sekretaris Camat. Sebelumnya kegiatan semacam ini sudah kami lakukan pada saat apel, namun karena apel ditiadakan sehingga kami ganti dengan berjemur selama 15 menit, Sehingga tidak menganggu jam pelayanan dan tugas-tugas lain di kecamatan," ungkap Taufiqu.

Meskipun tidak dapat membunuh virus, namun aktivitas berjemur di bawah matahari memiliki banyak manfaat. "Berjemur di bawah sinar matahari manfaatnya banyak. Salah satunya meningkatkan pembentukan imun tubuh. Selain itu, dengan berjemur di bawah sinar matahari, tubuh yang terpapar bisa mendukung pembentukan sel darah putih dan masih banyak manfaat yang lain," imbuh Taufiqu.

Taufiqu juga menyarankan agar masyarakat dapat melakukan hal yang sama di rumah maupun di kantor. Tidak hanya itu, untuk memenuhi kebutuh gizi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. "Sudah kami sampaikan melalui grup Whatsapp se-Kecamatan Pekalongan Barat, kami sebarkan dan ajak masyarakat untuk meluangkan waktu berjemur dan melakukan 3m yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan. Konsumsi makanan bergizi juga harus dilakukan untuk mendapatkan asupan vitamin," papar Taufiqu

Ditambahkan oleh Sekretaris Camat, Subiyakto SH bahwa kegiatan berjemur ini sebagai wujud keprihatinan terhadap meningkatnya kasus Covid-19. Menurutnya, dengan melakukan aktivitas berjemur atau berjalan di bawah sinar matahari maupun rutin berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. "Beberapa hari yang lalu dan ke depan, ASN Kota Pekalongan mengikuti tes swab dan hasilnya menunjukan beberapa positif Covid-19. Melihat hal tersebut, saya pikir dengan berjemur dan mengkonsumsi makanan bergizi dapat meningkatkan imun. Olahraga memang harus dipaksa agar terbiasa," tandas Subiyakto.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)