Tim Jogo Kali Gencar Bersihkan Sampah

Kota Pekalongan - Sejumlah Tim Jogo Kali Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekalongan membersihkan sampah serta ranting di bawah jembatan Sungai Loji Kota Pekalongan, Rabu (20/1/2021). Pembersihan dilakukan untuk memperlancar aliran air Sungai Loji yang pada banjir kemaren limpas di Kawasan Budaya Jetayu.

Satu tahun sejak launching, Tim Jogo Kali gencar melaksanakan tugasnya, menyusuri sungai sambil memungut sampah dan membersihkan aliran sungai yang terhambat.  Di samping membersihkan sampah, Tim Jogo Kali juga sosialisasi kepada masyarakat agar tak membuang sampah lagi di sungai. Ini sesuai dengan Perwal No 81 yang juga launching bersama Tim Jogo Kali.

Terpisah, kaitannya dengan banjir, Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE mengungkapkan, banjir memang tak hanya karena faktor alam tetapi juga campur tangan manusia. Saelany mengajak masyarakat Kota Pekalongan untuk semakin peduli dengan lingkungan.

"Warga Kota Pekalongan harus peduli terhadap lingkungan. Kata orang Pekalongan dulu bahwa semakin keruh airnya semakin lancar rezekinya harus diubah, resik kaline tapi tetep lancar rezekine," ujar Saelany.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)