Tangkal Pemahaman Radikalisme, Kesbangpol Bakal Gelar LCC Wasbang Pelajar

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekalongan akan menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) terkait wawasan kebangsaan (wasbang) bagi pelajar tingkat SMP dan SMA setempat pada 6-7 Februari 2023.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Kepala Kesbangpol Kota Pekalongan, Taufiqu Rochman, ia melihat saat ini sebagian besar rasa keingintahuan dan pengetahuan wawasan kebangsaan generasi milenial sedikit berkurang, “Anak jaman sekarang semua sudah lengkap, terutama teknologi digital jadi kegiatan ini sangat perlu untuk menumbuh kembangkan kemampuan wawasan kebangsaan,” kata Taufiqu di ruang kerjanya, Jumat (27/1/2023).

Sebanyak 64 peserta akan mengikuti LCC wasbang ini, 28 dari jenjang SMA dan 36 jenjang SMP baik negeri, swasta, maupun satuan pendidikan dibawah kantor kementerian agama Kota Pekalongan. Pelaksanaan LCC rencananya akan digelar di ruang rapat paripurna Kantor DPRD Kota Pekalongan sembari mengenalkan ruang dari wakil rakyat yang selama ini menjadi tempat diskusi atau penyampaian aspirasi dari masyarakat setempat.

Disampaikan Taufiqu,  selain untuk menumbuh kembangkan wawasan kebnasaan, LCC juga diharapkan mampu menangkal pemahanan radikalisme yang dibuat oleh sekelompok orang yang menginginkan perubahan tatanan sosial dan politik secara drastis dengan menggunakan kekerasan, dimana di usia pelajar ini mereka masih dalam masa pencarian jati diri, sehingga dibutuhkan penguatan bagaimana seharusnya sikap cinta dan bela negara.

“Memang negara kita tumbuh dan berkembang tidak dari satu golongan tetapi dari berbagai suku, ras, agama, kebhineka tunggal ikaan itu, jadi kita cari cara bagaimana memunculkan kecintaan anak-anak, bagaimana kita bernegara, falsafah bangsa, karena di Kota Pekalongan ini termasuk ampiran intoleransi, jadi benar-benar harus kita pahamkan sejak dini,” pungkasnya.