Tangani Banjir, Peninggian Jalan Labuan Mulai Dikerjakan

Kota Pekalongan - Untuk mencegah limpasnya air dari Sungai Gabus melalui Jalan Labuan, Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara ini peninggian Jalan Labuan sudah mulai dilakukan. Selama ini salah satu penyebab banjir di Degayu karena hal ini sehingga Jalan Labuan sepanjang 1,5 kilometer ini akan ditinggikan mulai dari 50-100 sentimeter.

Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin STP usai penyerahan bantuan di Kelurahan Degayu, Kamis (16/12/2021). "Jalan Labuan itu kan jalan utama mudah-mudahan dengan adanya peninggian ini dapat memberikan banyak manfaat dan meminimalkan efek negatifnya," tandas Salahudin.

Kaitannya dengan ketinggian jalan disampaikan Salahudin, tinggi diupayakan 100 cm, tetapi bisa juga 90 cm, 80 cm, tetapi minimal 50 cm.

Lurah Degayu, Komsijatun Amd membenarkan bahwa tengah dilakukan peninggian yakni pengurugan jalan terlebih dahulu. "Alhamdulillah upaya peninggian jalan sudah dilakukan dengan anggaran yang luar biasa. Mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat Degayu," kata Komsijatun.

Komsijatun menjelaskan bahwa ini termasuk paket pengerjaan dari pusat sebanyak 3 paket. "Peninggian jalan di Degayu ini mulai dari sepanjang TPA sampai keluar jalan Ki Mangun Sarkoro. Nantinya juga akan dibangun stasiun pompa di 3 titik, kemudian juga peninggian tanggul di Sungai Gabus," papar Komsijatun.

Kaitannya dengan banjir Komsijatun menyebutkan saat ini ketinggian genangan air di Degayu yakni 20-40 cm di RW 7 dan RW 8. Jumlah pengungsi masih 16 jiwa. "Semoga Banjir di Degayu ini lekas usai sehingga aktivitas warga dapat berjalan lancar," pungkas Komsijatun.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)