Tanamkan Kebiasaan Baik, Inggit-HIMPAUDI Berbagi Takjil Bersama Anak Usia Dini

Kebiasaan baik tentunya harus ditanamkan sejak kecil, menanamkan rasa syukur pada anak sejak dini merupakan bekal berharga untuk masa depan mereka. Rasa syukur yang tertanam baik akan membuat anak mengerti arti penting berbagi, mensyukuri segala pemberian, dan memiliki hati yang dermawan. Salah satu cara efektif untuk melatih rasa syukur pada anak adalah dengan mengajak mereka bersedekah atau berbagi.

Seperti yang dilakukan oleh Bunda PAUD Kota Pekalongan, Inggit Soraya, di bulan suci Ramadan membersamai Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) setempat berbagi takjil bersama Pendidikan Qur’an (PQ) Az-Zahra Banyurip Alit kepada pengguna jalan di sekitar, Rabu sore (20/3/2024).

“Alhamdulilah saya bisa membersamai teman-teman HIMPAUDI serentak untuk membagikan takjil dan Alhamdulillah juga melibatkan anak didik. Alhamdulillah dari sini dapat mengenalkan mereka untuk berbagai  harapannya anak-anak bisa merasakan dan membiasakan berbagi dengan sesama. Luar biasa antusias dari anak-anak, mudah-mudahan mereka jadi terbiasa dan semakin senang bersedekah,” katanya.

Selain merupakan kebiasaan baik, berbagi memiliki banyak manfaat untuk perkembangan sosial dan emosi anak, diantaranya melatih anak meningkatkan keterampilan sosial yang positif, membantu anak mengembangkan kemampuan empati, membantu anak berlatih mengurangi potensi konflik, meningkatkan perasaan bahagia pada anak, serta membantu anak membangun lingkungan sosial yang positif.

Lebih lanjut, disampaikan Inggit untuk mengisi bulan suci ini, pada 1 April mendatang HIMPAUDI akan melaksanakan pengajian Ramadan serta Halal Bi Halal setelah Hari Raya Idul Fitri.