Tambah Keterampilan Berpromosi, Dekranasda Beri Pelatihan Fotografi Dengan Smartphone

Kota Pekalongan - Sebagai upaya untuk menambah keterampilan berpromosi bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Pekalongan dibawah Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop-UKM) setempat memberikan pelatihan fotografi produk menggunakan smartphone bertempat di aula Museum Batik, Rabu (28/9/2022).

Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Inggit Soraya menuturkan di zaman serba digital UMKM dituntut mahir mengoperasikan smartphone dan mengakses aplikasi pemasaran online. Menurutnya, untuk menghasilkan foto yang eye catching (menarik perhatian) sebenarnya tidak melulu harus menggunakan media canggih, bisa dengan menggunakan smartphone yang dimiliki, namun perlu sedikit teknik untuk harus dipelajari lebih dalam.

“Dengan menggunakan smartphone sebenarnya bisa menunjang pemasaran, sebelumnya sudah ada pelatihan bagaimana pemasaran secara digital dan packaging. Kali ini kami berikan pelatihan ini, karena kita ingin hanya dengan melihat foto saja, pembeli bisa menilai seperti apa kualitas sehingga bisa lebih menggembangkan usahanya lagi,” ungakpnya.

Pelatihan diisi oleh praktisi photografi, Sarbu Riyono yang diikuti oleh UMKM binaan Dekranasda dan bersinergi dengan PKK melalui UP2K yang bergerak di usaha batik, craft, aksesoris, makanan dan minuman.

“Manfaatkan digital ini dengan sebaik-baiknya lebih memperluas lagi pangsa pasar untuk memasarkan produk kita agar lebih diketahui dunia luas tidak hanya lokal saja, bisa tingkat provinsi, nasional bahkan internasional,” pungkasnya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)