Tahun 2023, Ada 527 Aduan Masuk ke Kanal Pemkot Pekalongan

Masyarakat Kota Pekalongan dapat menyampaikan aduan atau laporan seputar Kota Pekalongan melalui berbagai kanal yang dikelola Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan. Aduan masyarakat dapat disampaikan melalui Wadul Aladin (WA), SP4N Lapor, dan Call Center 112.

Dari tiga kanal tersebut selama tahun 2023 ada 527 aduan yang masuk. Hal ini diungkapkan Kepala Dinkominfo, Arif Karyadi melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Tubagus Muhammad Sadaruddin saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (16/1/2024). 

"Silakan masyarakat Kota Pekalongan dapat memberikan aduan terkait pemerintah melalui Wadul Aladin (WA), SP4N Lapor, dan Call Center 112," tutur Amak, sapaan akrabnya. 

Disebutkan Amak, dari 3 aduan tersebut ada 527 aduan sepanjang 2023, sebanyak 104 aduan melalui Call Center 112 terkait layanan umum, kebakaran, evakuasi, layanan gangguan PDAM," sebut Amak. 

Dijelaskan Amak, dari keseluruhan aduan tersebut paling banyak diakses oleh masyarakat adalah aduan melaui Wadul Aladin dikarenakan menggunakan WA. dari keseluruhan total aduan paling banyak terkait layanan publik, fasilitas publik, dan PDAM. 

"Permohonan melalui Wadul Aladin yang paling diminati karena kemudahan akses dan kecepatan respon melaui tindakan bahkan jawaban melalui foto laporan pelaksanaan perbaikan," pungkasnya.