Siapkan 57 Lembaga Pendidikan Deklarasikan SRA

Kota Pekalongan - Guna mempersiapkan deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) usai lebaran nanti, Yayasan Muslimat NU Kota Pekalongan menggelar Sosialisasi SRA di Gedung PC Muslimat NU Kota Pekalongan, Kamis (7/4/2022). Nantinya akan ada 57 lembaga pendidikan di bawah naungan Muslimat NU Kota Pekalongan yang akan deklarasi SRA pada Mei mendatang.

Ketua Panitia Sosialisasi SRA, Siti Faliha mengungkapkan bahwa sosialisasi SRA ini diikuti oleh TK/RA 64, 50 kepala/guru, dan 23 orang panitia, jadi jumlahnya 137 orang. "Adanya sosialisasi SRA ini agar kami semua lembaga pendidikan yang ada di bawah naungan Yayasan Muslimat NU Kota Pekalongan bisa menjalankan SRA sebagaina yang dicanangkan pemerintah baik menangani secara inklusi atau anak berkubutuhan khusus. Sehingga lembaga pendidikan kami layak mendampingi anak secara maksimal," terang Faliha.

Lanjut Faliha menyebutkan bahwa SRA ini perlu disampaikan untuk pengetahuan dan persiapan deklarasi SRA pada bulan Mei. "Ada 57 lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Muslimat NU yang akan deklarasi SRA yakni 32 TK/RA dan 24 KB. Semoga usai sosialisasi ini masing-masing sekolah dapat menerapkan SRA," ujar Faliha.

Sementara itu, Kepala Lembaga Perlindungan Perempuan Anak dan Remaja (LP-PAR) Kota Pekalongan, Nur Agustina SPsi MM menekankan agar sekolah yang mendeklarasikan SRA nantinya harus menerapkan disiplin positif. Agustin mencontohkan perilaku anak-anak yang datang terlambat ke sekolah.

"Sekolah yang telah mendeklarasikan SRA tak boleh mengeluarkan anak, tak ada anak yang tidak naik kelas. Nantinya bagimana cara guru mengevaluasi masing-masing individu sesuai kemampuan anak," pungkas Agustin.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)