Serbuan Vaksinasi Mampu Tingkatkan Cakupan Vaksinasi di Kota Pekalongan

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan terus gencar melakukan serbuan vaksinasi bagi seluruh lapisan masyarakat. Serbuan vaksinasi dengan doorprize 3 buah motor yang digelar di 5 titik wilayah di Kota Pekalongan ini terbukti mampu meningkatkan cakupan vaksinasi bagi Kota Pekalongan.

Walikota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid,SE menyebutkan bahwa, berdasarkan laporan data terakhir dari Dinas Kesehatan setempat,capaian vaksinasi di Kota Pekalongan saat ini sudah mencapai diatas  86 persen. Dimana, Kota Pekalongan menargetkan, di akhir tahun 2021 ini capaian 90 persen untuk vaksinasi Covid-19 bisa tercapai.

“Mudah-mudahan sesuai dengan target bahwa, di akhir tahun Kota Pekalongan bisa 90 persen. Karena serbuan vaksin yang sekarang menarik karena ada doorprize 3 motor untuk menarik minat warga yang memenuhi syarat divaksin bisa ikut divaksin,”ucap Aaf,usai menyerahkan sertifikat Program PTSL Tahun 2021 yang berlangsung di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan,Selasa(14/12/2021).

Aaf menilai,target 90 persen itu terbilang cukup realistis karena tidak mungkin 100 persen, dimana sisanya 10 persen itu merupakan kalangan anak-anak yang belum boleh divaksin,para lansia yang memang kondisi kesehatannya tidak memungkinkan menerima vaksin (memiliki penyakit penyerta/komorbit). Sehingga, pihaknya tidak mungkin memaksakan mereka untuk menerima vaksin. Hal ini juga berlaku untuk aturan persyaratan menerima bantuan sosial warga harus divaksin,dengan catatan kalangan yang tidak bisa divaksin harus menyertakan surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa yang bersangkutan memiliki riwayat penyakit penyerta,sehingga tidak bisa divaksin. 

Menurutnya, terkait dengan pengundian doorprize 3 buah motor pada kegiatan serbuan vaksinasi,Pemkot Pekalongan masih berkoordinasi dengan Forkopimda Kota Pekalongan untuk bisa dilakukan secepatnya.

“Alhamdulillah adanya serbuan vaksinasi yang bekerjasama dengan TNI,POLRI,dan Perbankan ini dampaknya sangat signifikan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi, terlebih pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kecamatan Pekalongan Selatan karena di wilayah tersebut menerapkan strategi yang tepat dengan pelayanan mobile ke kelurahan-kelurahan. Mudah-mudahan target vaksinasi di akhir tahun 2021 ini untuk Kota Pekalongan bisa segera tercapai dan di momentum libur Nataru ini varian baru virus Omicorn tidak sampai masuk ke Kota Pekalongan,”pungkasnya. 


(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)