Serangkaian Rakernas Apeksi, ICE 2019 Dibuka

Usai Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi) di Kota Semarang dibuka Indonesia City Expo (ICE) 2019 di Simpang Lima Kota Pekalongan, Rabu (3/7/2019). ICE 2019 yang diikuti oleh 127 stand dari berbagai daerah ini dibuka oleh Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany SH MH Mkn didampingi Walikota Semarang, Hendrar Prihadi SE MM dan Walikota se-Indonesia. Pameran yang memamerkan produk unggulan daerah ini digelar Rabu (3/7/2019) hingga Sabtu (6/7/2019).

Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany SH MH Mkn menyampaikan terima kasih kepada 127 stand ini dari berbagai instansi dan UMKM yang turut berpartisipasi dalam ICE 2019. “Seluruh Walikota se-Indonesia juga turut hadir menyemarakkan kegiatan ini mengenalkan potensi daerahnya masing-masing,” ungkap Airin.

Menurut Airin serangkaian Apeksi berikut ICE 2019 ini dapat menjadi bagian dari promosi potensi daerah yang harapannya akan saling menguntungkan antar pemerintah kota di Indonesia. “Saling bertukar promosi produk unggulan, serta mendiskusikan berbagai hal terkait penguatan lokasi anggaran pemerintah daerah untuk mendukung profesionalitas aparatur dan kemandirian daerah,” ujar Airin.

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE menyampaikan bahwa Pemkot Pekalongan mengapresiasi ajang kegiatan yang digelar Apeksi yang dihadiri oleh Pemerintah Kota se-Indonesia, ini. “Harapannya melalui kegiatan ini kepala daerah dapat saling asah asuh, saling memberikan informasi perkembangan dan keberhasilan masing-masing kota,” tutur Saelany.

Menurut Saelany, smartcity menjadi isu yang cukup menarik untuk membangun kota dengan cara atau sistem smartcity yang dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait pembukaan Rakernas Apeksi, acara dibuka olah Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo SH dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Drs Safrudin MSi dan H Ganjar Pranowo SH MIP.