Sepekan Dibuka Pendaftaran, 405 Pelamar Telah Buat Akun, 107 Submit CPNS Pemkot Pekalongan 2024

Kota Pekalongan - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah dibuka sejak 20 Agustus hingga 6 September 2024. Lowongan yang sangat ditunggu-tunggu ini langsung diserbu oleh pelamar, salah satunya lowongan CPNS yang berada di Instansi Pemerintah Kota Pekalongan Tahun 2024. Seperti diketahui, pada tahun 2024 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan membuka 50 formasi CPNS dan 150 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebagai langkah meningkatkan pelayanan aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun, untuk saat ini yang masih dibuka pendaftarannya adalah rekrutmen CPNS Tahun 2024.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekalongan, Rusmani Budiharjo mengungkapkan bahwa, berdasarkan data BKPSDM Kota Pekalongan per tanggal 27 Agustus 2024 atau sepekan usai pendaftaran CPNS dibuka, sudah ada 405 pelamar yang telah membuat akun pada laman sscasn.bkn.go.id. 107 orang pelamar diantaranya telah menyelesaikan pendaftarannya (submit) dan memilih instansi Pemerintah Kota Pekalongan.

"Bagi masyarakat yang ingin mendaftar  CPNS dan memenuhi persyaratan bisa segera mendaftar dan memastikan secara cermat dan teliti setiap aturan persyaratan berkas yang diupload . Jika sudah yakin bisa langsung disubmit. Jangan sampai ada kekurangan maupun kesalahan berkas yang dipersyaratkan sehingga menyebabkan status pendaftarannya Tidak Memenuhi Syarat (TMS),"tutur pria yang akrab disapa Didik ini saat dikonfirmasi usai menyerahkan SK pensiun dan THT ASN Purna Tugas per 1 September 2024, bertempat di Ruang Buketan Setda Kota Pekalongan, Rabu (28/8/2024).

Didik mencontohkan beberapa persyaratan yang masuk dalam kategori TMS diantaranya salah mengupload form surat lamaran di surat pernyataan, jenjang maupun kualifikasi latar belakang pendidikan tidak sama dengan yang dipersyaratkan, tidak dibubuhi e-materai, surat lamaran tidak ditujukkan kepada Walikota Pekalongan.

"Karena beberapa pendaftaran seleksi administrasi yang sudah masuk dan kami verifikasi cukup banyak yang TMS, tidak hanya 1 atau 2 orang saja. Oleh karena itu, kami minta pelamar lebih cermat dan teliti lagi serta memastikan berkas persyaratan yang diupload sudah sesuai persyaratan,"pungkasnya. (Dian).