Selesai Lebih Awal dari Target, Peningkatan Jalan Jlamprang Rampung 100 Persen

Kota Pekalongan - Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid beserta jajaran dinas terkait lainnya mengecek langsung pekerjaan fisik peningkatan Jalan Jlamprang yang berada di Kelurahan Krapyak, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Senin siang (26/8/2024). Jalan ini merupakan salah satu akses jalan menuju Obyek Wisata Pantai Slamaran.

Usai meninjau pekerjaan fisik tersebut, mas Aaf, sapaan akrab Walikota Pekalongan tersebut, mengungkapkan bahwa, pekerjaan peningkatan Jalan Jlamprang ini telah rampung lebih awal dari target perencanaan yang seharusnya selesai pada 3 Oktober 2024. Namun, sekarang sudah bisa selesai 100 persen.

"Ini menunjukan bahwa rekanan penyedia jasa konstruksi ini sudah semakin profesional sesuai dengan ketentuan. Kami apresiasi sekali peningkatan jalan disini sudah bisa selesai 100 persen dan sesuai spek,"ucapnya.

Pihaknya berharap, keberhasilan melampaui target ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan bagi jasa konstruksi. Sebab, pembangunan-pembangunan fisik seperti jalan ini manfaatnya nanti akan dirasakan sendiri oleh masyarakat setempat. Selain Jalan Jlamprang ini, Pemkot Pekalongan sebenarnya juga sudah menganggarkan untuk pekerjaan fisik peningkatan jalan di Jalan Truntum, Kelurahan Krapyak tapi karena ada warga yang menggugat akhirnya harus tertunda terlebih dahulu. 

"Memang dulu prosesnya kita tidak tahu seperti apa, apakah sudah diwakafkan atau tidak. Namun, yang jelas Pemkot Pekalongan sudah memiliki sertifikat. Sesuai aturan, fasum dan fasos itu harus diserahkan ke Pemkot sebesar 30 persen. InsyaAllah untuk ruas-ruas jalan yang menjadi kewenangan di tingkat kota semuanya lebih baik, tinggal beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat, kami akan terus bersinergi kepada mereka agar bisa segera diperbaiki ruas-ruas jalan yang rusak,"tegasnya.

Sementara itu, Direktur Konsultan Pengawas dari CV Takabea Utama, Asnil Amus menyebutkan, pekerjaan fisik Jalan Jlamprang ini meliputi panjang FS 45 333,5 meter, lebar rigid FS 45 antara 5,7-6,9 meter dan tebal rigid 20 cm. Pekerjaan di awal lantai kerja 10 cm, leveling material Lapis Pondasi Atas (LPA), aspal menggunakan Laston Lapis Aus (AC-WC) manual panjang nya 120 meter.

"Untuk sumber dana pekerjaan dari dana  Bankeu sebesar Rp1.965.936.000 Milliar dengan kontrak pekerjaan mulai 3 Juni sampai dengan 3 Oktober 2024 atau selama 120 hari. Tapi, Alhamdulillah pekerjaan sudah selesai lebih cepat dari target perkiraan,"pungkasnya. (Dian)