Selama 2023, Rasio Kunjungan Perpusda Kota Pekalongan Lampaui Target

Jumlah kunjungan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Pekalongan terus berkembang, seperti pada tahun 2023 dilihat dari rasio pengunjung perpustakaan berada pada angka 27,95 persen dimana angka tersebut melebihi target yang ditentukan yakni 19,93 persen.

Capaian tersebut disampaikan oleh kepala bidang perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan, Ismanto saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (16/1/2024), “Tahun 2023 untuk kunjungan di Perpusda Kota Pekalongan kalau kita dilihat perkembangannya dari tahun ke tahun semakin meningkat karena pandemi sudah hilang dan bencana rob sudah mulai terkendali, Alhamdulillah kian meningkat,” terangnya.

Dijelaskan Ismanto rasio kunjungan tersebut berdasarkan perhitungan jumlah pengunjung berusia 5-60 tahun dibandingkan jumlah penduduk kota Pekalongan usia 5 sampai 60 tahun.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa peningkatan tersebut tercapai berkat adanya sejumlah upaya yang sudah dilakukan dalam rangka mempromosikan perpustakaan, pihaknya selalu bergandengan dengan bunda literasi setempat dan suksesnya gelaran festival literasi tahun 2023 lalu di lapangan Mataram Kota Pekalongan, “Kami bersyukur festival literasi membawa dampak besar terhadap minat baca dan kunjungan perpustakaan, ditambah roadshow yang sudah terlaksana baik ke sekolah, perpustakaan masyarakat dan kami juga sudah merambah masuk perguruan tinggi. Semua ini membawa pengaruh baik bagi masyarakat antusias untuk berkunjung ke perpustakaan, mudah-mudahan dari meningkatnya kun