Selain Batik, Kerajinan Tas Kanvas Pekalongan Tak Kalah Indah

Siapa yang tak kenal julukan  Pekalongan sebagai Kota batiknya dunia, dapat dipastikan setiap orang sudah akrab dengan julukan tersebut, padahal yang menawan dan tak kalah indahnya ada juga lho kerajinan selain batik di Pekalongan ini, salah satunya Kerajinan Tas Kanvas made in  Diandeng Craft ini.
Pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Pekalongan kian pesat, dari data Dindakop UKM Kota Pekalongan pada tahun 2017 yang disampaikan Rr. Candrawati  selaku Kepala bidang pembinaan UKM Kota Pekalongan terdapat  lebih dari 3000an pelaku usaha kecil menengah dan penggelut ekonomi kreatif di Kota Pekalongan ini, dari mulai menekuti usaha kuliner  hingga handycraft  salah satunya pengrajin tas kanvas.
Kanvas tidak serta merta hanya dijadikan sebagai alas atau media untuk melukis, ditangan –tangan lentik pengrajin asal kota Pekalongan ini kanvas juga bisa disulap sebagai Tas nan elok untuk kesempurnaan aksesoris pelengkap keindahan  kita.
Ya, tas jenis ini memang merupakan salah satu jenis tas yang sedang populer sekarang ini. Tidak jarang juga anak muda khususnya wanita zaman sekarang yang menggunakannya untuk berbagai aktifitas seperti berbelanja, jalan-jalan, dan bahkan untuk mereka bawa kuliah. Maka tidak heran jika pamor tas yang satu ini semakin hari semakin melejit saja.
Disampaikan owner Diandeng Craft  Diana, Berbagai usaha yang membuat tas jenis ini juga sudah mulai bermunculan untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat sekarang ini, pihaknya juga menegaskan hingga saat ini jangkauan pasarnya sudah tembus sejumlah kota besar seperti  Jakarta, Surabaya , Jogja dan Bali.
Dengan semakin banyaknya usaha yang memproduksi tas seperti ini, maka akan semakin banyak menyerap tenaga kerja juga dari masyarakat sekitar tempat usahanya, yaitu di kelurahan Tirto Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan.
Ditambahkan diana, Tas bahan kanvas itu sendiri merupakan tas yang terbuat dari bahan kain kanvas yang memang dikhususkan untuk digunakan dalam pembuatan sebuah tas. Tidak seperti kain kanvas yang sering digunakan untuk media dalam melukis, kain yang digunakan untuk membuat tas ini merupakan jenis kain khusus yang memang cocok untuk dijadikan kerajinan tas yaitu baby canvas. 
Kain ini merupakan kain kanvas yang memiliki tekstur yang lembut dengan serat yang rapat dan juga memiliki kekuatan yang dapat diandalkan dan sangat cocok untuk dijadikan menjadi sebuah kerajinan tas berbahan dasar kain kanvas. Tas yang terbuat dari kain ini juga memiliki motif yang beragam yang dapat anda buat sendiri di rumah.
Untuk membuat tas bahan kanvas ini juga tidak terlalu rumit seperti pada pembuatan jenis tas yang lainnya. Kita cukup membuat pola pada kain kanvas polos, lalu kita dapat memotongnya sesuai dengan pola yang telah di buat, dan kemudian anda dapat menjahit agar potongan kain tersebut dapat menjadi satu kesatuan yang utuh dan menghasilkan sebuah tas yang cantik. 
Harga tas kanvas ini juga bervaruatif dari paling murah Rp.20.000,- sampai paling mahal dibandrol Rp.250.000,- tergantung ukuran dan motifnya.
TIM KOMUNIKASI PUBLIK