Satyagatra Batik Efektifkan Konseling Bagi Keluarga dan Masyarakat

Terus berinovasi untuk menebar manfaat, Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) mengganti sebutan menjadi Satyagatra Batik dengan tetap menyediakan pelayanan konseling efektif bagi keluarga dan masyarakat mulai dari usia remaja hingga lansia. 

Penyuluh KB Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB), Wahyu Dhayat Minulyo saat ditemui di gedung balai penyuluhan KB Kecamatan Pekalongan Barat, Kamis (1/2/2024) mengungkapan layanan Satyagatra hadir untuk melayani sejak masyarakat menyiapkan pernikahan sampai lansia, diantaranya permasalahan balita dan anak, konseling seputar persiapan pernikahan, berdiskusi pengelolaan keluarga, dari konsultasi tersebut pihaknya akan memecahkan permasalahan dengan memberikan saran dan rekomendasi jangkauan sesuai dengan apa mereka yang butuhkan.

“Saat ini kami bekerja sama dengan Kemenag dalam hal calon pengantin setelah mendapatkan penyuluhan di kemenag, calon pengantin diarahkan untuk datang ke Satyagatra untuk diedukasi apa yang perlu dipersiapkan seperti lingkar lengannya sudah ideal atau belum, anemi atau tidak, BB sudah ideal, ketika mereka sudah memenuhi standar itu bisa mendapatkan rekomendasi untuk menikah, lalu ibu hamil butuh konsultasi agar anaknya tidak berisiko stunting apa advice yang perlu dilakukan ketika kehamilannya terjadi kendala bisa dilakukan untuk merujuk atau merekomendasikan pelayanan mana yang tepat,” terangnya.

Dijelaskan Wahyu, Satyagatra juga melayani pendampingan bagaimana mewujudkan keluarga harmonis, jika terjadi permasalahan keluarga seperti KDRT atau masalah lainnya, tim akan menampung cerita untuk kemudian merekomendasikan kepada tempat yang tepat salah satunya LP-PAR, juga kasus bullying yang masih marak terjadi.

“Ada beberapa lansia yang datang menceritakan bagaimana kondisi yang dirasakan seperti semakin terbatas dalam beraktivitas, maka kita arahkan untuk mengikuti sekolah lansia. Tidak hanya menunggu di tempat saja, petugas lini lapangan kami juga melakukan mobile untuk turun ke lapangan menjangkau masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Dengan membekali tim dengan teknik konseling yang baik, bagaimana ketika klien datang tidak banyak berbicara lebih banyak, mengarahkan dan mendampingi masyarakat ke instansi atau lembaga sesuai dengan apa yang mereka rasakan, ia berharap Satyagatra dapat berkontribusi meningkatkan pembangunan kota Pekalongan dengan menurunkan angka stunting dan mewujudkan masyarakat yang sehat jiwa dan raga.

Seperti yang diketahui, layanan Satyagatra Batik tersedia di gedung balai penyuluhan KB 4 kecamatan, balai penyuluhan KB kecamatan Pekalongan Barat berlokasi di sisi selatan gor Medono, balai penyuluhan KB kecamatan Pekalongan Selatan dan Utara berdekatan dengan kantor kecamatan setempat, balai penyuluhan KB  kecamatan Pekalongan Timur berada di jalan Patiunus dan  balai penyuluhan KB pusat berada di kantor Dinsos-P2KB Kota Pekalongan. Pelayanan dibuka pada hari kerja yakni Senin-Kamis pukul 08:00-16:00 dan Jumat pukul 08:00- 14.00.