Sambut Hari Rabies Dunia, Yuk Vaksin Rabies Hewan Kesayanganmu di Puskeswan

Kota Pekalongan - 28 September diperingati sebagai Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day. Hal itu digagas sebagai bentuk pencegahan rabies untuk hewan terutama hewan peliharaan. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) setempat memberikan fasilitasi vaksin rabies bagi ratusan hewan peliharaan kesayangan warga Kota Pekalongan seperti kucing, anjing, kera, dan sebagainya secara gratis di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswas) Kertoharjo yang berada di Kompleks Kantor Dinperpa Kota Pekalongan, Jalan Letjen Suprapto No.3 Kota Pekalongan. 

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Muaxk melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ilena Palupi menjelaskan bahwa, rabies merupakan jenis penyakit menular dari hewan ke manusia (zoonosis). Penyakit ini tergolong sangat berbahaya, karena orang yang terinfeksi rabies berisiko mengalami kematian. Risiko untuk tertular penyakit ini bisa dicegah melalui tindakan pemberian vaksinasi rabies. Sehingga, penting bagi para masyarakat untuk melakukan vaksinasi rabies pada hewan peliharaan mereka. Selain penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan, pemberian vaksin antirabies pada hewan akan memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan atau air liur hewan dengan rabies.

"Peringatan Hari Rabies Dunia atau World Rabies Day di Kota Pekalongan, Dinperpa biasa melaksanakan pada tanggal 28 September -30 September 2022 di Puskeswan Kertoharjo, " ucap Ilena, saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (27/9/2022)

Ilena menyebutkan, dalam pelaksanaan kami menyiapkan 200 dosis vaksin rabies untuk hewan-hewan kesayangan warga seperti anjing, kucing, dan kera. Pihaknya menjelaskan bahwa, saat ini status Provinsi Jawa Tengah memang sudah bebas rabies, namun Provinsi berdekatan dengan Jawa Tengah, yakni Provinsi Jawa Barat belum zona bebas rabies, sehingga untuk mempertahankan status Jawa Tengah bebas rabies tersebut, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah selalu mengadakan Peringatan Rabies dengan memberikan vaksinasi rabies massal dan bantuan vaksin rabies ke Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Ilena pun tak lupa mengajak masyarakat yang memiliki hewan kesayangan bisa segera datang ke Puskeswan Kertoharjo untuk memvaksinkan hewan-hewan kesayangannya seperti anjing, kucing, dan kera pada jadwal yang telah ditentukan yakni tanggal 28-30 September 2022 pukul 08.00-14.00 WIB.

"Vaksin rabies di Puskeswan Kertoharjo ini khusus untuk hewan kesayangan warga ber KTP Kota Pekalongan, hewan yang divaksin harus sehat, usia hewan minimal 3 bulan, tidak bunting (bagi betina), dalam waktu 5 hari sebelum divaksin hewan tidak boleh dimandikan. Kami menghimbau juga, karena penyakit rabies ini termasuk zoonosis, maka warga yang memiliki anjing dan kera tidak dilepas begitu saja tanpa pengawasan pemiliknya. Jika hewan mereka mengalami gejala rabies, segera melapor ke Puskeswan terdekat," pungkasnya.