Sambut Hari Jadi, Pemkot Giatkan Kerja Bakti Di Pusat Alun-Alun Kota

Kota Pekalongan - Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Pekalongan ke-116 Tahun 2022 yang jatuh pada 1 April mendatang, jajaran Pemerintah Kota Pekalongan bersama seluruh unsur lapisan masyarakat baik ASN, TNI,  Polri dan relawan melaksanakan kerja bakti bersama yang dipusatkan di Alun Alun setempat,  Jumat pagi (25/3/2022).

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, mengungkapkan bahwa, kegiatan kerja bakti bersama di Alun-Alun sebagai pusat kota ini dimaksudkan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pekalongan ke-116. Mengingat, di lokasi tersebut masih terlihat sampah-sampah yang menumpuk. Pihaknya menegaskan, kepada para pedagang yang berjualan di sekitar Alun-Alun 
, usai berdagang untuk senantiasa bertanggungjawab akan kebersihan baik dari sampah yang dihasilkan oleh pedagang maupun pengunjung yang membeli di stand-stand makanan mereka. 

"Kita mengajak mereka semua untuk menggiatkan kerja bakti, karena salah satu permasalahan di Kota Pekalongan yang belum selesai disini adalah sampah, " ucap Aaf. 

Menurutnya, peran serta dari masyarakat akan pentingnya kebersihan itu sangatlah besar, sehingga pihaknya mengajak masyarakat untuk memulainya dari diri kita sendiri dan lingkungan sekitar, salah satunya kebersihan selokan. Dengan kegiatan kerja bakti bersama ini, diharapkan bisa menambah semangat baru untuk menjaga kebersihan. Terlebih, kebersihan Alun-Alun ini dinilai sebagai wajah kota agar bisa tertata rapi, bersih,  dan representatif. 

"Kita ingin menata di pusat kota, Alun-Alun ini sebagai wajah kota, dari sisi pedagang, kita juga siapkan kios di Pasar Sugih Waras baru, mudah-mudahan semuanya bisa berjalan lancar," ungkapnya. 

Pihaknya menambahkan, kaitannya dengan pemeliharaan Gapura Alun-Alun, Pemkot Pekalongan sudah menerima aduan dari masyarakat dan akan segera ditindaklanjuti untuk mengalokasikan anggaran pemeliharaan. 

"Memang yang menjadi permasalahan adalah pemeliharaan, jadi anggarannya masih sedikit, apalagi ada refocussing. Tetapi, tetap akan kita perhatikan, dan terimakasih kepada warga yang sudah memberikan masukan-masukan dan bukti foto, InshaAllah akan segera kita tindaklanjuti dalam waktu dekat bersama dinas terkait," pungkasnya. 

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)