Rutan Kelas IIA Pekalongan Baksos Bersih-Bersih Masjid Al-Ikhlas

Kota Pekalongan - Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIA Pekalongan melakukan Bakti Sosial (Baksos) gotong royong bersih-bersih masjid di Kawasan Masjid Al-Ikhlas Jetayu Kota Pekalongan, Kamis (11/8/2022).

Baksos itu dalam rangka menyambut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Pemasyarakatan Tahun 2022, dilaksanakan dengan  melibatkan seluruh pegawai dan perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIA Pekalongan, Anggit Yongki Setiawan dan  berjalan sukses, berkoordinasi dengan pihak kebersihan Masjid setempat. Perwakilan WBP yang dilibatkan pun, merupakan WBP pilihan sehingga dipastikan tidak akan bertindak hal-hal melanggar hukum.

Usai bersih-bersih masjid, Karutan Anggit menyampaikan bahwa, kegiatan bakti sosial bersih-bersih masjid ini, selain dalam rangka memperingati HDKD Pemasyarakatan ke-77 Tahun 2022 pada 19 Agustus mendatang, juga menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 Tahun 2022 pada 17 Agustus 2022.

"Dalam peringatan HDKD yang merupakan Hari Lahirnya Kementerian Hukum dan HAM ke-77 Tahun 2022, serangkaian kegiatannya sangat padat diantaranya kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu donor darah, dilanjutkan hari ini bersih-bersih masjid melibatkan seluruh pegawai Rutan dan perwakilan WBP. Dilanjutkan Hari Jumat besok diisi tabur bunga di Makam Pahlawan, Sabtu besok ada virtual Run, dan sebagainya yang dilaksanakan secara menyeluruh oleh sejumlah UPT Pemasyarakatan, termasuk di Rutan Kelas IIA Pekalongan," terang Anggit saat ditemui di sela-sela kegiatan bersih-bersih Masjid Al-Ikhlas Jetayu.

Menurutnya, kegiatan bersih masjid ini tentunya sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan di rumah ibadah, sekaligus pengabdian kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini, baik petugas maupun WBP kompak membersihkan seluruh area masjid seperti tempat wudhu, kamar mandi, halaman lingkungan sekitar masjid.

"Selain membersihkan sampah yang tercecer, mereka juga mengecat beberapa bagian di areal masjid tersebut supaya terlihat lebih cerah dan indah, serta nyaman," beber Karutan Anggit.

Kegiatan baksos bersih-bersih masjid dari jajaran Rutan Kelas IIA Pekalongan ini diapresiasi oleh pengurus masjid, Sutrisno yang mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan kegiatan positif dari Rutan Pekalongan ini dalam membantu mewujudkan kebersihan dan kenyamanan Masjid Al-Ikhlas Jetayu agar jamaah saat melaksanakan ibadah bisa nyaman.

"Kami mewakili pengurus Masjid Al-Ikhlas mengucapkan terimakasih kepada jajaran Rutan Kelas IIA Pekalongan yang pada hari ini melaksanakan kegiatan baksos bersih-bersih masjid, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya jama'ah dan kami doakan agar jajaran Rutan Pekalongan senantiasa dibarokahi oleh Allah S.W.T" pungkas Sutrisno.


(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)