Refleksi Wujud Cinta Al-Qur’an, Hari Jadi Diisi Semaan Khotmil Qur'an

Kota Pekalongan – Kota Pekalongan dengan julukan kota santri dan kota religius, dalam mengungkapkan rasa syukurnya pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-115, Pemerintah Kota Pekalongan menggelar Doa Bersama dan Khotmil Quran di Masjid Al Ikhlas Jetayu setempat, Rabu malam (31/3/2021).

Khataman Qur’an dan doa bersama ini dilakukan secara terbatas dan diikuti oleh jajaran Forkopimda Kota Pekalongan, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan ulama serta masyarakat Kota Pekalongan yang disiarkan secara langsung di Youtube Batik TV Live, Batik Tv Channel 57 UHF, dan On air Radio Kota Batik.

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE menyampaikan rasa syukur atas nikmat yang diberikan tuhan. Meskipun peringatan HUT Kota Pekalongan di tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya, namun justru di tahun ini banyak nilai-nilai dan hikmah yang bisa dirasakan.

“Kita semua merasakan banyak manfaat kesakralan dari peringatan HUT Kota Pekalongan. Di tahun sebelumnya, peringatan HUT biasanya diisi dengan kirab budaya, pameran inovasi dan sebagainya. Tetapi di tengah pendemi ini kita semua justru betul-betul merasakan makna Hari Jadi Kota Pekalongan dengan doa bersama dan khotmil Qur’an,” ungkap Aaf sapaan akrabnya.

Sebelumnya  sejumlah rangkaian kegiatan telah dilakukan untuk menyemarakan HUT Kota Pekalongan ke-115, salah satunya kerja bakti serentak yang disambut positif oleh masyarakat.

“Ini satu hal positif yang perlu dipertahankan. Malam hari ini kita menggelar khotmil Quran di Masjid Al-Ikhlas dan suasananya khitmad sekali. Semoga khataman ini menjadikan Kota Pekalongan memperoleh berkah dari Allah,” imbuhnya.

Aaf berharap, momentum peringatan HUT Kota Pekalongan dapat menjadi awal baru bagi Kota Pekalongan yang lebih sejahtera, berbudaya, dan  mandiri berlandaskan nilai-nilai religiusitas.

“Mudah-mudahan dengan diawali doa bersama dan khotmil quran ini Kota Pekalongan lebih maju dan lebih baik lagi agar  dapat tercapai masyarakat Kota Pekalongan yang sejahtera,” kata Aaf.


Rangkaian HUT Kota Pekalongan tidak hanya khataman Qur’an, namun juga akan diselenggarakan Istighosah dan do’a bersama di Halaman Setda Kota Pekalongan dan disiarkan langsung Youtube Batik TV Live, Batik Tv Channel 57 UHF, dan On air Radio Kota Batik.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)