Ratusan Pelajar SMP dan SMA Adu Wawasan dalam Lomba Ranking 1 Festival Literasi 2024

Kota Pekalongan - Ratusan pelajar sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat beradu kecerdasan dan wawasan dalam event Lomba Ranking 1. Lomba yang digelar dalam rangka memeriahkan Festival Literasi Kota Pekalongan Tahun 2024 ini mengharuskan para pelajar untuk tepat menjawab pertanyaan yang dilontarkan dari panitia lomba. Lomba ini berlangsung di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Kamis siang (05/09/2024).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan, Soeroso melalui Kepala Bidang Perpustakaan, Ismanto mengungkapkan bahwa, lomba ranking 1 ini diikuti oleh 63 siswa-siswi dari 21 sekolah jenjang SMP sederajat, dan 72 siswa-siswi dari 17 SMA sederajat di Kota Pekalongan. Semua peserta saling berkompetisi menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan benar hingga tersisa satu kontestan sebagai pemenang dari masing-masing jenjang.

"Teknisnya mereka menjawab soal dengan kategori soal kesulitan tinggi, sedang dan rendah terdiri dari soal Matematika hitungan, soal IPA, dan soal agama serta pengetahuan umum dengan kategori jawaban benar dan salah,"ucapnya saat dikonfirmasi via telepon, Jumat (06/09/2024).

Menurutnya, setiap peserta sudah diberi kertas bertuliskan "Benar" dan "Salah". Kemudian, panitia selaku pembawa acara membacakan soal secara bersamaan dengan sistem eliminasi. Apabila ada peserta yang salah menjawab sanksinya keluar dari arena perlombaan. Dengan adanya lomba ranking 1 ini, pihaknya berharap dapat melatih siswa  untuk siap berkompetisi dan adu pengetahuan dan wawasan, serta mengasah kemampuan siswa dalam meningkatkan prestasi akademik di sekolahnya.

"Alhamdulillah para pelajar yang ikut lomba ini sangat bersemangat dan heboh baik yang mengikuti ataupun siswa lain dan guru-guru yang menjadi suporter, dari seluruh siswa yang ada akan dipilih satu siswa terbaik untuk menjadi pemenang Ranking 1. Untuk pemenang ranking 1 tingkat SMP dimenangkan oleh Aufa Mahya Nadhiya dari MTs Azzaky. Sementara, untuk jenjang SMA dimenangkan oleh Muhammad Makinuddin dari SMA Negeri 4 Pekalongan. Para pemenang ini mendapatkan hadiah trophy dan uang pembinaan yang diberikan pada saat penutupan Festival Literasi pada Minggu, 8 September 2024,"pungkasnya. (Dian).