Ratusan Pelajar SMA/MA Unjuk Bakat Seni pada Seleksi FLS2N Tingkat Kota Pekalongan

Ratusan pelajar jenjang SMA/MA mengikuti seleksi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kota Pekalongan berlangsung di SMAN 1 setempat, Rabu (24/4/2024). Sebanyak 14 cabang lomba bidang seni dilombakan pada seleksi ini untuk menjaring peserta yang akan dikirimkan ke ajang kompetisi FLS2N tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Panitia Seleksi FLS2N 2024 Tingkat Kota Pekalongan, Samsiatul Makrifa menjelaskan FLS2N ditujukan untuk menggali, mengembangkan, serta menampilkan keterampilan para siswa dari berbagai sekolah.

Belasan lomba bidang seni yang dilaksanakan diantaranya membaca puisi, cipta puisi, monolog, menulis cerita pendek, jurnalistik, fotografi, film pendek, komik, poster, kriya, solo song, instrumen gitar solo, cipta lagu dan tari kreasi. “Tema besar FLS2N tahun ini mengacu pada juknis nasional yaitu merdeka berprestasi talenta seni menginspirasi, makna tema ini anak didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menggali potensi di bidang seni,” ungkapnya.

Disebutkan Samsiatul, sebanyak 175 siswa dari 11 sekolah berpartisipasi pada seleksi FLS2N 2024 yang digelar selama satu hari ini. Hasil seleksi tingkat kota akan diumumkan pada Senin (30/4) mendatang kemudian pemenang akan diberikan pendampingan untuk mengikuti FLS2N di tingkat Provinsi Jawa Tengah pada bulan Mei 2024. “Harapan kita bisa mendapatkan calon peserta didik yang berprestasi mampu mewakili Kota Pekalongan, membawa nama harum di jenjang provinsi dan nasional,” sambungnya.

Ia menambahkan pelaksanaan seleksi FLS2N 2024 menggandeng dan menggabungkan dua organisasi profesi yakni MGMP seni budaya dan bahasa Indonesia Kota Pekalongan.

Sementara itu, peserta tari kreasi Falensia Purnama dari SMAN 3 mengaku lega telah menampilkan tarian terbaik mereka di seleksi FLS2N tahun ini. “Bersama 1 partner saya, kami membawakan tarian dari Betawi. Bersyukur apa yang kita persiapkan sudah kita tampilkan, lega banget, memang dari kecil sudah suka menari jadi enjoy ikut lomba ini,” ujar Falensia.

Hal senada juga disampaikan Adela Putri Viola dari SMAN 1, setelah berlatih kurun waktu 1 bulan, ia berharap bisa lolos ke tingkat Provinsi Jawa Tengah dan berlanjut ke tingkat nasional.

(DINKOMINFO KOTA PEKALONGAN)