Ratusan Calon Paskibraka Kota Pekalongan Tahun 2024 Jalani Seleksi PBB

Kota Pekalongan - Usai lolos tahap seleksi tes kesehatan, 132 orang Peserta seleksi calon Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) Kota Pekalongan Tahun 2024 menjalani seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB), bertempat di Halaman Setda Kota Pekalongan, Rabu (24/4/2024). Seleksi ini merupakan salah satu dari rangkaian seleksi yang harus dilalui oleh para peserta seleksi Paskibraka Kota Batik tersebut. Mereka yang tergabung merupakan siswa-siswi terbaik Kelas X SMA sederajat se-Kota Pekalongan.

Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Pekalongan, M Taufiqu Rochman menjelaskan bahwa, seleksi calon Paskibraka Kota Pekalongan sudah diawali sejak pendaftaran pada Februari 2024 lali mulai seleksi administrasi, wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila. Kemudian, usai lebaran pada Hari Senin, 22 April 2024 dilanjutkan tes kesehatan, tanggal 23 April seleksi parade, dilanjutkan seleksi tes PBB pada 24 April, dan tanggal 25 April menjalani tes samapta di Lapangan Mataram, dan seleksi terakhir dilakukan pada tanggal 2-3 Mei untuk tes kepribadian dengan sistem gugur masing-masing tahapan.


"Jumlah peserta yang ikut tes kesehatan kemarin ada 152 orang, gugur 20 orang, sehingga yang menjalani tes PBB ini ada 132 orang,"ucapnya.

Taufiq menerangkan, panitia seleksi (pansel) Paskibraka mulai tahun 2023 lalu sudah memakai aplikasi transparansi penerimaan Paskibraka, dimana pansel ini melibatkan semua stakeholder baik TNI, Polri, Brimob, Satpol P3KP, BKPSDM dan dibantu Purna Paskibraka Kota Pekalongan. 

Pihaknya meyakini para calon paskibraka ini merupakan siswa-siswi terbaik dari masing-masing sekolahnya. Dari akumulasi tes yang dijalani mereka akan diamulasikan dan diperingkat. Dimana, peringkat 1 dari masing-masing putra dan putri di tingkat Kota Pekalongan akan ikut seleksi Paskibraka di tingkat Provinsi Jawa Tengah kemudian jika lolos berjenjang diikutsertakan ke tingkat Nasional.

"Sehingga, kami nantinya akan memilih yang terbaik dari yang terbaik. Nantinya, dari ratusan peserta itu akan terpilih 70 orang sebagai petugas paskibraka, terdiri dari 45 orang siswa laki-laki, dan 25 orang siswi perempuan yang akan bertugas pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2024,"tandasnya. (Dian)