PTM Di Kota Pekalongan Tunggu Perkembangan Covid-19

Kota Pekalongan - Dinas Pendidikan Kota Pekalongan tak mau gegabah dalam mengambil keputusan terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) yang awalnya akan dilaksanakan pada 12 Juli 2021 mendatang. Meskipun keputusan Pemerintah Pusat melalui Kementerian,Pendidikan, dan Kebudayaan (Kemendikbud)  sudah direncanakan mulai Juli 2021, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan masih menunggu perkembangan Covid-19. Sebab,  lebih mengutamakan keselamatan peserta didik dibanding mewajibkan PTM.

"Harapan dari Pak Menteri memang ada awal tahun ajaran baru mendatang atau sekitar Bulan Juli bisa dilakukan PTM terbatas,tetapi kami masih melihat perkembangan kondisi pandemi ini di Kota Pekalongan," tutur Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekalongan,Drs Sugiyo saat dikonfirmasi di ruang kerjanya,belum lama ini.

Menurut Sugiyo, jika perkembangan kasus Covid-19 di Kota Pekalongan sudah mulai melandai dan tidak banyak kasus,serta masyarakat sudah terkondisi sehat semua,maka Dinas Pendidikan Kota Pekalongan akan berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan terkait usulan izin pelaksanaan pembukaan PTM  terbatas di semua jenjang pendidikan. Disamping itu,jika izin tersebut sudah dikeluarkan,maka Dinas Pendidikan, sekolah, akan mengkomunikasikan juga dengan para orangtua peserta didik. Pemkot Pekalongan tidak akan memaksakan PTM jika dirasa terlalu beresiko. 

Lebih lanjut, Sugiyo memastikan bahwa selama ini Dinas Pendidikan telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut pelaksanaan PTM di tengah pandemi Covid-19 jika nantinya diizinkan digelar,mulai dari simulasi dan uji coba PTM dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, menyiapkan sarana dan prasana penunjang protokol kesehatan yang memadai di tiap-tiap sekolah, kurikulum, pengaturan jadwal di kelas, hingga Sumber Daya Manusia tenaga pendidik yang terus dikebut untuk divaksin,dan sebagainya.

“Tetap nanti ada komunikasi antara Dinas Pendidikan, sekolah, orangtua peserta didik,dan tim Satgas Penanganan Covid-19 tingkat Kota Pekalongan. Untuk vaksin kepada bapak dan ibu guru Alhamdulillah hampir sudah 100 persen di semua tingkat pendidikan baik PAUD,TK, dan SMP. Semua persiapan juga sudah dilakukan, dalam hal ini siap sarpras, siap bapak ibu guru, kurikulum juga sudah disiapkan, pengaturan jadwal serta pengaturan di kelas sudah semua. InshaAllah jika kondisi kasusnya sudah mulai melanda dan semua sepakat untuk PTM, Dinas Pendidikan dan sekolah sudah siap,”tandasnya.


(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)