PSPJ Munculkan Jejaka dan Cabe Puyang

Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan Kota Pekalongan memiliki fokus penelitian dan pelayanan tentang jamu yakni Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu (PSPJ) Kota Pekalongan. Tidak hanya menjadi klinik untuk berobat dengan jamu saja, tetapi mengeluarkan berbagai produk inovasi yakni minuman segar, lulur, sabun, dan minuman jamu dalam bentuk kemasan botol.

 

Berbagai varian jamu ditawarkan ke masyarakat, yang terbaru ini ada Jejaka (jeruk, jahe, dan kencur) dan Cabe Puyang (cabai dan lempuyang). Adanya produk inovasi ini semata-mata mengajak masyarakat mengonsumsi jamu untuk menjaga daya tahan tubuh. “Budaya minum jamu memang harus digalakkan. Jamu tak hanya untuk orang tua, anak muda juga harus mulai mengonsumsi jamu agar selalu bugar,” Kepala PSPJ Kota Pekalongan, Uswatun Khasanah, Senin (9/9/2019).

 

Inovasi produk jamu ini agar masyarakat Kota Pekalongan dapat mengonsumsi jamu ala milenial. Saat ini sudah ada delapan varian minuman jamu yang diproduksi PSPJ Kota Pekalongan. Produk inovasi jamu untuk kesehatan tubuh terus dikembangkan oleh PSPJ Kota Pekalongan, baik dengan resep maupun non resep. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu juga ditanam dan dibudidaya sendiri oleh PSPJ. “PSPJ saat ini terus mengembangkan produk inovasi jamu kemasan botol siap minum. Jadi dengan kemasan lebih modern atau kekinian jamu bisa lebih mudah diterima masyarakat,” ungkap Uswatun.

 

Produk olahan jamu yang sudah dikembangkan oleh PSPJ diantaranya seperti Rosella, Kunyit Asam, Gula Asam, Bir Pletok, Susu Jahe, dan yang terbaru Jejaka dan Cabe Puyang yang memiliki khasiat masing-masing untuk kesehatan tubuh.

 

“Manfaat masing-masing, seperti kunyit asam juga bisa untuk melancarkan aliran darah, jamu rosella yang memiliki antioksidan kuat dan aktif dalam memelihara kesehatan organ tubuh, kemudian gula asam bisa untuk menyegarkan tubuh, asamnya sendiri juga bisa untuk kesehatan kulit kita, dan lain-lain,” terang Uswatun.

 

Masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan klinik untuk periksa dengan dokter yang sudah bersertifikat saintifikasi jamu. Obat yang diberikan adalam ramuan jamu sesuai dengan jenis penyakit dan dosisnya.