Produk Inovasi Jamu PSPJ Kota Pekalongan Terus Berkembang

Kota Pekalongan, Info Publik - Kota Pekalongan memiliki fokus penelitian dan pelayanan tentang jamu dibawah naungan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, yaitu Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu PSPJ Kota Pekalongan. Sejak didirikan pada tahun 2015 lalu, PSPJ Kota Pekalongan terus berkembang. Tidak hanya menjadi klinik untuk berobat dengan jamu saja, namun pelayanan dan penelitian serta  produk inovasi yang dilakukan, mampu mengembangkan jamu untuk masyarakat.

 

Produk inovasi jamu  untuk kesehatan tubuh diantaranya yang terus dikembangkan oleh PSPJ Kota Pekalongan, baik dengan resep maupun non resep. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu juga ditanam dan dibudidaya sendiri oleh PSPJ.

 

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala PSPJ Kota Pekalongan, Uswatun Khasanah, saat ditemui di kantor PSPJ Kota Pekalongan, Jl. Letjend Suprapto 5, Rabu, (10/10), bahwa PSPJ saat ini terus mengembangkan produk inovasi jamu kemasan botol siap minum. Jadi biar kemasan lebih modern atau kekinian jadi mudah diterima masyarakat. “ Tapi nggak hanya itu saja, PSPJ juga masih mengembangkan olahan ekstrak, masih dalam proses ”, jelasnya.

 

Produk olahan jamu yang sudah dikembangkan oleh PSPJ diantaranya seperti Rosella, Kunyit Asam, Gula Asam, Bir Pletok, dll yang memiliki khasiat masing-masing untuk kesehatan tubuh.

 

“Manfaat masing-masing, seperti kunyit asam juga bisa untuk melancarkan aliran darah, jamu rosella yang memiliki antioksidan kuat dan aktif dalam memelihara kesehatan organ tubuh, kemudian gula asam bisa untuk menyegarkan tubuh, asam nya sendiri juga bisa untuk kesehatan kulit kita, dan lain-lain”, tambahnya.

 

Masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan klinik untuk periksa dengan dokter yang sudah bersertifikat saintifikasi jamu. Obat yang diberikan adalam ramuan jamu sesuai dengan jenis penyakit dan dosisnya.

 

Selain itu PSPJ Kota Pekalongan juga menghadirkan produk-produk inovasi untuk perawatan kecantikan kulit. Menurut Uswatun tidak hanya jamu. PSPJ juga punya produk  untuk  menutrisi kulit. Seperti Green Tea Scrub itu untuk membersihkan dan mencerahkan kulit. Kemudian juga ada lulur cokelat dan kopi yang juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit.

 

Produk lainnya adalah sabun kesehatan kulit. “ Itu sabunnya selain menutrisi kulit juga bisa untuk mengusir nyamuk mbak, dari kandungan bahan yang digunakan dalam sabunnya”, pungkasnya. (MC Kota Pekalongan/Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)