POPDA Tahun 2022 Kembali Digelar, Siapkan Atlet Berprestasi

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Kota Pekalongan Tahun 2022 kembali digelar pada Tahun 2022 ini. Ajang yang dihelat dalam rangka menjaring atlet-atlet berprestasi di tingkat daerah ini diikuti sebanyak 3.950 siswa-siswi pelajar sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat di Kota Pekalongan. Pembukaan POPDA Kota Pekalongan Tahun 2022 dilakukan secara simbolis oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, didampingi Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf Rizky Aditya, Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekalongan, Edywan dengan ditandai pelepasan balon POPDA ke udara, berlangsung di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Jumat (21/10/2022).

Usai membuka kegiatan POPDA Kota Pekalongan, Walikota Aaf menyampaikan selamat bertanding untuk para atlet yang telah ditunjuk oleh masing-masing sekolah.

"Alhamdulillah pembukaan kegiatan POPDA Tahun 2022 ini bisa berjalan lancar dan normal. Harapan kami, disamping mencetak bibit-bibit atlet, bisa menjunjung jiwa sportivitas mulai sejak dini dari tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat," ucap Aaf.

Pihaknya ingin melalui kegiatan lomba olahraga di ajang POPDA ini bisa dilakukan secara berjenjang untuk mempersiapkan para atlet berbakat dan berprestasi asal Kota Pekalongan untuk maju ke ajang olahraga di tingkat selanjutnya baik Dulongmas, Porprov, PON, Sea Games, dan sebagainya.

"Dengan kegiatan ajang olahraga melalui POPDA ini kami berharap bisa menjadi wadah anak-anak sebagai generasi penerus bangsa untuk senantiasa melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan mencetak prestasi yang membanggakan," tegasnya.

Sementara itu, Plt Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan, Dede Umihani melalui Pelatih Olahraga Muda Dinparbudpora Kota Pekalongan, Endro Triyatmo menjelaskan, diselenggarakannya Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA sederajat Tingkat Kota Pekalongan Tahun 2022 adalah salah satunya sebagai ajang evaluasi pembinaan olahraga di Kota Pekalongan. Adapun tema POPDA Tahun 2022 ini adalah "Junjung Sportivitas Bersama Cetak Juara"

"Peserta POPDA SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA Sederajat Tingkat Kota Pekalongan Tahun 2022 diikuti oleh 3950 Siswa/iswi dan 750 official terdiri dari 69 kontingen, yaitu tingkat SD sebanyak 4 kontingen (750 siswa/siswa, 250 offcial), tingkat SMP/MTs: 36 kontingen (1750-siswa/siswa, 250 offcial), dan tingkat SMA/SMK/MA: 29 kontingen (1450 siswa/siswi, 250 official)," beber Endro.

Endro menyebutkan, pelaksanaan POPDA tingkat Kota Pekalongan Tahun 2022 berlangsung mulai tanggal 19 Oktober - 7 November 2022 dengan mempertandingkan 17 cabang olahraga (cabor) untuk tingkat SD, 
tingkat SMP sebanyak 19 cabor, dan tingkat SMA 19 cabor.

"Selamat bertanding dan raihlah prestasi dalam ajang POPDA ini agar bisa membanggakan keluarga, sekolah, Kota Pekalongan, dan bisa menjadi atlet yang berprestasi dan unggul kualitasnya," pungkasnya.