Poin Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ikut Ujian PPPK Teknis

Peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Teknis 2022 di lingkup Pemerintah Kota Pekalongan bersiap menghadapi seleksi atau ujian kompetensi. Sebanyak 69 orang pelamar PPPK Teknis telah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi dan selanjutnya akan menjalani tes dengan menggunakan seleksi berbasis Computer Asissted Test (CAT).
Sebagai persiapan menjelang seleksi kompetensi PPPK Tenaga Teknis 2022, ada empat materi seleksi yang wajib dipahami peserta yakni materi kompetensi teknis 90 soal, kompetensi manajerial 25 soal, kompetensi sosiokultural 20 soal, dan wawancara 10 soal dengan durasi waktu total 130 menit.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekalongan, Anita Heru Kusumorini menjelaskan bahwa, adapun lokasi tes CAT PPPK teknis yang sudah ditentukan berada di BKN Semarang, Serang, Ciracas, dan Yogyakarta. Untuk persiapan tes PPPK teknis, ada beberapa lokasi tes, dimana terbanyak jumlah peserta pelaksanaannya di tanggal 1 dan 2 April 2023 di UPT BKN Semarang yang berlokasikan di Bergas, Ungaran.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengikuti tes CAT diantaranya terkait peserta wajib hadir ke lokasi tepat waktu dan alangkah lebih baik hadir 90 menit sebelum seleksi dimulai. Pasalnya, maksimal 5 menit sebelum tes mulai, peserta akan diberikan PIN registrasi.

"Untuk pakaian peserta yaitu untuk laki-laki memakai kemeja/atasan lengan panjang warna putih, dan celana panjang berwarna hitam. Sementara, untuk perempuan memakai kemeja/atasan lengan panjang warna putih dan rok warna hitam polos serta jilbab berwarna hitam (bagi yang berjilbab). Peserta mengenakan sepatu pantofel warna hitam," ucap Anita.

Disampaikan Anita, berkas yang wajib dibawa peserta ujian hanya e-KTP asli/Suket Pengganti/KK asli, Kartu Tanda Peserta Ujian Seleksi Kompetensi yang bisa didownload di masing-masing akun SSCASN peserta serta pensil kayu (bukan pensil mekanik). Perhatikan juga nomor meja peserta seleksi kompetensi yang sudah diinformasi melalui scan barcode atau link https://s.id/nomorMejaRegistrasiCATPPPKTeknisUPTBKNSemarang.


" Untuk peserta yang mengikuti tes CAT PPPK Tenaga Teknis di lingkup Pemerintah Kota Pekalongan pada tanggal 1 sampai 2 April 2023 ini diminta tetap jaga kesehatan, mengingat tes ini dilaksanakan dalam kondisi puasa, supaya bisa mengikuti tesnya dengan baik dan mudah-udahan nanti Allah memberikan hasil terbaik bagi mereka," terangnya.

Lanjutnya, dari puluhan peserta tersebut akan memperebutkan  4 formasi lowongan yang dibuka yakni 2 formasi di Setda, 1 formasi di BKPSDM, dan 1 formasi di Dindukcapil. Untuk waktu tes di tanggal 1 April 2023, Kota Pekalongan dimulai sesi III (14.00-16.10 WIB) siang dan untuk tanggal 2 April 2023 di sesi I (08.00-10.10 WIB) pagi.

"Untuk persiapan tes di BKN Semarang Ungaran tanggal 1 dan 2 April 2023 ini, kami sudah merapatkan panitia seleksi daerah (panselda) untuk bertugas disana, karena meskipun seleksi seperti ini sudah rutin digelar, tetapi beda tempat dan beda peserta tetap kami harus persiapkan sebaik baiknya," tukasnya.