PMI Kolaborasi dengan Kantor BPN Bantu Penuhi Stok Darah di Kota Pekalongan

Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekalongan terus meningkatkan kinerja dan kolaborasi dengan berbagai instansi terkait, salah satunya dengan Kantor Pertanahan Kota Pekalongan dalam pemenuhan stok darah di Kota Pekalongan. Menyusul hal tersebut, masih dalam serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) Tahun 2022, para pegawai Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) melakukan aksi kemanusiaan dengan mendonorkan darahnya kepada masyarakat yang membutuhkan, berlangsung di Ruang Aula Kantor Pertanahan Kota Pekalongan, Rabu (12/10/2022).

Kepala Kantor BPN Kota Pekalongan, Vevin Syoviawati menjelaskan bahwa, pelaksanaan donor darah di Kantor Pertanahan pada hari ini yang bekerjasama dengan UDD PMI Kota Pekalongan merupakan rangkaian kegiatan HUT Hantaru Tahun 2022 yang diperingati pada 24 September lalu. Dimana, dalam sebulan peringatan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya donor darah.

"Peserta donor selain dari pegawai kami juga turut melibatkan mitra BPN, instansi lainnya serta masyarakat yang kebetulan datang ke kantor kami untuk bisa berpartisipasi mendonorkan darahnya," ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/10/2022).

Vevin menyebutkan, setidaknya 30 kantong darah bisa terkumpul dalam pelaksanaan donor darah pada hari ini untuk membantu memenuhi kebutuhan stok darah di Kota Pekalongan.

"Rangkaian Hantaru ini kami ingin membantu mendukung pembangunan Kota Pekalongan seperti penyerahan PTSL, aset Pemkot, pendampingan UMKM, dan pada hari ini donor darah untuk membantu sesama yang membutuhkan sebagai bentuk aksi kemanusiaan. Alhamdulillah, para pegawai kami juga sangat semangat dan senang berpartisipasi mendonorkan darahnya," terangnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S), Aji Putra Prakoso membeberkan bahwa, saat ini UDD PMI Kota Pekalongan sudah bisa memulai bergerak melakukan donor darah secara mobile unit ke instansi-instansi maupun di tengah masyarakat. Hampir setiap hari, UDD PMI sudah bisa berkegiatan donor darah di luar Kantor UDD PMI.

"Seperti pada hari ini, bekerja sama dengan Kantor Pertanahan Kota Pekalongan sampai pukul 10.20 WIB sudah terkumpul 21 kantong darah dari target 30 kantong darah," ungkap Aji.

Aji memaparkan, untuk stok darah di UDD PMI Kota Pekalongan saat ini terbilang cukup aman, dimana stok kantong darah golongan A sebanyak 54, golongan darah B sejumlah 114 dan 95 kantong darah O. Sementara untuk golongan darah AB dinilai stoknya masih krisis karena hanya ada 3 kantong darah O.

"Stok darah selain golongan darah AB tersebut dua sampai tiga hari ke depan masih cukup, sementara untuk stok golongan darah AB paling hanya cukup untuk hari ini saja," pungkas Aji.