Petugas Dinhub Selalu Siaga Operasikan ATCS

Kota Pekalongan memiliki control system 15 Area Traffic Control System (ATCS) dan 13 sistem manual. Setidaknya 6 petugas Dinas Perhubungan Kota Pekalongan disiagakan mengoperasikan control system di Gedung ATCS Terminal Pekalongan. 

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Moh Karmani saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (28/11/2023) menyebutkan kondisi ATCS di Kota Pekalongan ada 15 yang sudah memanfaatkan sistem ATCS sedangkan 13 simpang masih menggunakan sistem manual. "Tahun 2023 ini kami tambah satu titik jaringan ATCS di depan Grosir Setono. Jadi total CCTV ada di 15 simpang," ungkap Karmani.

Mengahadapi musim hujan ini dijelaskan Karmani bahwa CCTV berjalan normal, gangguan lebih banyak ke gangguan tegangan listrik yang naik atau turun. Beberapa kali juga trafie light yang terhubung dengan ATCS mengalami gangguan jaringan sistem.

"Kami kerahkan SDM di ACTS sebanyak 6 orang yang standby ATCS dan trafie light. Ketika ada gangguan, 2 jam sudah harus ditangani di lokasi, kecuali gangguan karena PLN. Akan tetapi kita juga ada cadangan baterai 60 menitan agar masih berjalan normal,“ terang Karmani.

Terkait bantuan dokumentasi atas suatu kejadian, ATCS terbuka bagi masyarakat dan kepolisian. "Silakan bisa akses ke Gedung ATCS di terminal jika ada suatu kejadian yang tidak ada saksinya dan butuh dokumentasi. Cukup bawa surat permohonan dan bawa alat penyimpanan," tutup Karmani.