Petasan dan Balon Udara Siap Diterbangkan Disita

Kota Pekalongan - Petugas gabungan di Kelurahan Buaran Kradenan, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan melakukan razia pada momen Syawalan 2024. hasilnya petugas berhasil mengamankan petasan berukuran besar serta balon udara yang siap diterbangkan.

Sejumlah balon udara siap diterbangkan disita petugas gabungan di wilayah Buaran Kradenan, Rabu (17/4/2024).

Petugas berhasil mengamankan balon -balon liar berukuran besar yang disimpan di sebuah rumah kosong serta balon liar yang diamankan langsung dari warga.

Balon-balon udara liar ini biasanya akan diterbangkan oleh warga dengan dilengkapi petasan atau mercon saat momen syawalan sehingga membahayakan baik bagi masyarakat sekitar maupun jalur penerbangan.

Lurah Buaran Kradenan, Ryan Panji Festian mengungkapkan bahwa tim gabungan menemukan balon liar yang akan naik.

"Tidak hanya balon liar, petugas juga menemukan petasan berukuran jumbo, serta tungku atau alat pengasapan tradisional yang akan digunakan warga untuk mengasapi balon liar," terang Ryan. 

Temuan-temuan ini kemudian disita petugas dan dibawa ke Polsek Pekalongan Selatan selanjutnya dibawa ke Polres Pekalongan Kota.

"Sementara warga yang kedapatan melanggar diberi edukasi dan pembinaan agar tidak mengulangi perbuatannya," katanya. (Dinkominfo/Kharisma/Laila)