Perumda Tirtayasa Siaga Tangani Aduan Masyarakat

Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda) Tirtayasa Kota Pekalongan siaga dalam menangani aduan masyarakat terkait air bersih. Adanya pipa pecah atau bocor seringkali terjadi manakala di suatu wilayah tengah ada pembangunan infrastruktur seperti penggalian saluran, penggalian sungai, dan sebagainya. 

"Bagi masyarakat Kota Pekalongan, ketika menemukan kebocoran atau kerusakan pipa bisa menghubungi Perumda Tirtayasa melalui instagram @perumdatirtayasa. Penanganan akan segera dilakukan oleh teknisi Perumda Tirtayasa dalam waktu 1x24 jam. Hal ini menjadi tanggung jawab kami karena masyarakat Kota Pekalongan adalah mitra kami," terang Humas Perumda Tirtayasa Kota Pekalongan, Jevijev Harinya saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (18/10/2022).

Menurut Jevijev, saat ini banyak proyek di Kota Pekalongan baik oleh Pemerintah Kota atau Provinsi Jawa Tengah seperti proyek sepanjang sungai Banger, pengecoran di WR Supratman, dan proyek lainnya yang mengimbas di Kelurahan Pasirkratonkramat dan Padukuhan Kraton. "Baru-baru ini ada aduan di daerah Setono kaitannya dengan air yang keruh. Kemungkinan dikarenakan oleh bocornya saluran air Perumda Tirtayasa karena imbas dari proyek di sungai Banger. Tim kami langsung meninjau dan melakukan  identifikasi perbaikan," jelas Jevijev.

Dikatakan Jevijev, selama ada galian tanggul, sungai, dan gorong-gorong potensi pipa terkena bisa terjadi. Perumda biasanya mendapat informasi kerusakan itu dari warga. "Jika ditemukan kerusakan atau kebocoran 1 kali 24 jam langsung dilakukan perbaikan. Kecuali ketika ada aduan dan tim tengah menangani aduan lainnya waktunya lebih dari itu," ujar Jevijev.

Ketika ada kebocoran dan mengakibatkan sebuah lokasi tidak ada air akan Perumda Tirtayasa droping dengan tangki. Mungkin sampai dengan bulan November ini Perumda Tirtayasa akan selalu siaga menerima aduan masyarakat, biasanya proyek-proyek pembangunan selesai pada bulan November.